180 Destinasi Pariwisata di Indonesia siap Bersaing di API 2020

Setelah dilakukan seleksi yang sangat ketat, panitia Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 telah berhasil menyeleksi 180 nominasi yang berasal dari Kabupaten,Kota dan juga Provinsi.

“ Para nominasi tersebut kemudian diperkenalkan kepada publik baik melalui media partner, media sosial maupun duta promosi API 2020. Setelah itu, publik dipersilahkan untuk memilih (vote) pariwisata mana yang menjadi favorit untuk menerima penghargaan” tegas Ketua Panitia API 2020, Hiro Kristianto dalam siaran persnya yang dikirim pada Kamis, 3 Desember 2020.

Vote sendiri di bulan Desember memasuki tahap akhir, karena akan ditutup pada 31 Desember 2020. “ Selama 4 bulan vote berlangsung, banyak terjadi perubahan posisi. Hal ini bisa terjadi, karena masyarakat berlomba-lomba untuk memberikan dukungan kepada destinasi wisata yang menjadi favoritnya,” ucap Hiro.

Hiro sendiri yakin, perubahan posisi masih akan terus terjadi mengingat ada waktu 3 minggu lagi sebelum vote ditutup. “ Saya yakin dalam setiap detik, menit, minggu dan bulan, perubahan posisi nominasi API 2020 masih akan terus terjadi. Perubahan posisi para nominasi di dalam API 2020 menandakan bahwa ajang Anugerah Pesona Indonesia sendiri sebetulnya telah menciptakan momentum bagi para Pemerintah Daerah dalam menarik perhatian masyarakat, khususnya yang berasal dari nominasi itu berada, untuk memberikan perhatian dan dukungan kepada pariwisata daerahnya. Disamping itu, pada kesempatan ini, para Pemerintah Daerah dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk melakukan promosi bagi destinasi wisata daerahnya yang menjadi nominasi di ajang Anugerah Pesona Indonesia untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas,” kata Hiro.

Hiro dalam siaran persnya juga mengatakan bahwa setelah ajang API 2020 usai, wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi pariwisata yang menjadi nominasi meningkat. “ keyakinan ini didasari dengan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya. Saya berharap ajang ini tetap bisa menjadi pemicu kebangkitan pariwisata di Indonesia,” tutup Hiro.(Hs.foto.dok.API)

Related posts