Menparekraf Wishnutama: Potensi Alam dan Budaya di Pedesaan Harus Digali

Jakarta,Gpriority-Dalam sambutannya secara virtual pada saat acara Apresiasi Perguruan Tinggi Terbaik dalam Pendampingan Desa Wisata 2020 yang digelar secara online dan offline dari Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (2/12/2020), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata, Pemerintah daerah diminta untuk menggali potensi alam dan budaya yang ada di pedesaan.

“ Seperti yang kita ketahui, banyak sekali potensi-potensi alam dan budaya yang dimiliki oleh desa. Sayangnya, karena tidak ada yang mengelola, maka potensi tersebut tidak mampu menghasilkan pendapatan bagi desa dan juga daerah. Untuk itulah di dalam kesempatan ini saya meminta kepada kepala daerah yang hadir secara virtual melalui aplikasi zoom untuk mengelola wisata alam dan budaya yang ada di desa,” ucap Wishnutama.

Lebih lanjut dikatakan Wishnutama, untuk mengelolanya, Kemenparekraf menyarankan untuk menggandeng perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang sudah bekerjasama dengan kemenparekraf melalui program pendampingan desa. “ Ini dimaksudkan agar pengelolaan desa wisata lebih terarah, terukur dan dapat dimonitor pergerakannya dengan baik dan mengacu pada konsep keberlanjutan,” kata Wishnutama.

Di akhir sambutan, Wishnutama  berharap aktivitas ekonomi desa dapat semakin menggeliat dan meningkat manfaatnya, terutama bagi para pelaku parekraf dan masyarakat desa.  “Apalagi, saat ini kita harus berjuang membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, yang terdampak pandemi. Melalui pendampingan desa wisata ini, kami menaruh cita-cita besar agar aktivitas perekonomian dan semakin menggeliat pasca pandemi,” ujarnya.

 
Pada malam acara apresiasi yang bekerja sama dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan 105 perguruan tinggi di Indonesia, hadir Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf /Baparekraf,  Wisnu Bawa Tarunajaya, Kepala Biro Humas dan Kerjasama Kemendes PDTT Bonifasius Prasetyo Ichtiarto, Tim Juri Apresiasi Perguruan Tinggi Terbaik Pendampingan Desa Wisata 2020 dan Tim Master Trainer Pendampingan Desa Wisata 2020, serta perwakilan dari 20 desa wisata. (Hs.Foto.dok. Kemenparekraf)

Related posts