5 Film Aura Perjuangan Kemerdekaan RI, Wajib Ditonton


Jakarta, GPriority.co.id – Menjalani libur dalam rangka HUT RI ke-77 bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menonton film. Tidak perlu pergi ke bioskop, beberapa film cukup menarik disaksikan di rumah karena memiliki tema seputar kemerdekaan Indonesia.

Tidak hanya menghibur, namun film-film tentang kemerdekaan Indonesia juga akan memberikan potret masa lalu, bagaimana masyarakat Indonesia kala itu bertahan dari penjajahan.

Selain itu, menonton film kemerdekaan Indonesia ini juga bisa sebagai bentuk mengenang sebuah peristiwa perjuangan dan jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang kala itu.

Film apa saja itu? Berikut ini 5 rekomendasi film bertema perjuangan kemerdekaan Indonesia yang wajib ditonton dalam rangka HUT RI ke-77:

Film Merah Putih
Film bergenre drama historis yang rilis pada 13 Agustus 2009 ini merupakan bagian pertama dari rangkaian film “Trilogi Merdeka”, film trilogy perjuangan pertama di Indonesia. Merah Putih disutradarai oleh Yadi Sugandi dan dibintangi oleh Lukman Sardri, Teuku Rifnu Wikana, Doni Alamsyah, Darius Sinaathrya, Zumi Zola, Rahayu Saraswati, Astri Nurdin. Film Merah Putih 2009 berkisah tentang perjuangan para pahlawan menghadapi peristiwa Agresi Militer Belanda I.

Film Soekarno
Film biografi bertajuk “Soekarno” dirilis pada tahun 2013, menceritakan perjalanan hidup Soekarno sebagai salah satu proklamator bangsa. Dimulai dari Soekarno semasa kanak-kanak hingga kisahnya yang diasingkan ke Ende sampai menjadi tokoh terpenting dalam kemerdekaan bangsa Indonesia.

Film Soekarno digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo dan dibintangi Ario Bayu sebagai pemeran Soekarno. Pemeran lainnya dimainkan oleh Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, Mathias Muchus, dan Agus Kuncoro.

Film Battle of Surabaya
Film garapan MSV Pictures ini bercerita tentang perjuangan mengusir penjajah saat peristiwa 10 November 1945. Mengisahkan Musa, seorang remaja yang bekerja sebagai penyemir sepatu ketika peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur. Sutradara dari film yang telah memenangkan banyak penghargaan itu adalah Aryanto Yuniawan, salah satu dosen di Universitas Amikom Yogyakarta.


Film Kartini
Film R.A Kartini yang rilis pada tahun 2017 ini dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran utamanya. Film ini merupakan kisah nyata dari perjuangan Kartini dalam mendobrak tradisi-tradisi masyarakat saat itu yang dianggap sakral untuk memperjuangkan hak-hak perempuan dalam mendapatkan pendidikan yang tinggi.

Selain Dian Sastrowardoyo, film ini juga dibintangi oleh Reza Hardian, Acha Septriasa, Adinia Wirasti, Christine Hakim, serta disutradarai Hanung Bramantyo, subtitle bahasa Indonesia, Jawa, Belanda.

Film Jenderal Soedirman
Film Jenderal Soedirman diperankan Adipati Dolken yang memerankan tokoh utama. Meski memiliki judul “Jenderal Soedirman”, namun film ini tidak mengisahkan kehidupan Jenderal Soedirman dari kecil hingga dewasa, melainkan film berfokus pada aksi Jenderal Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Itulah rekomendasi 5 lima film bertema kemerdekaan Indonesia yang dapat ditonton dalam rangka merayakan HUT RI ke-77. (Vn)

Related posts