Budidaya Kelapa Genjah, Lebih Cepat Berbuah dan Menguntungkan

Jakarta, GPriority.co.id – Kelapa genjah entok menjadi salah satu jenis tanaman buah kelapa unggulan yang dibudidayakan secara komersil.

Buah kelapa genjah memiliki kualitas buah yang bagus, yakni daging buahnya cenderung lebih lembut, kulit buah berawarna hijau, dan kandungan air kelapa pada varietas ini lebih banyak dibandingkan jenis kelapa yang lain.

Dilansir dari laman Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, tanaman kelapa genjah entok memiliki postur tubuh mini dan pendek. Tinggi batang kelapa genjah hanya sekitar 3-4 meter.

Pertambahan tinggi tanamannya terhitung lambat hanya berkisar 40-50 cm per tahun. Tinggi batang pada masa akhir umur produktif tidak lebih dari 10 meter, dengan bentuk batang mulai dari pangkal sampai dengan ujung batang sama besar.

Meski pendek dan pertumbuhan tinggi tanamannya lebih lamban, namun kelapa genjah berbuah relatif cepat dibandingkan jenis kelapa lain pada umumnya, yakni sekitar 3 tahun setelah masa tanam. Sedangkan jenis kelapa lain umumnya mulai berbuah pada usia tanam 6-8 tahun dengan tinggi sekitar 30 meter.

Jika bibit unggul pohon kelapa genjah dibudidayakan secara optimal dengan penanaman dan perawatan yang baik, kelapa ini akan bisa menghasilkan 140-180 butir per pohon dalam satu tahun saat mencapai usia dewasa.

Tidak heran budidaya kelapa jenis ini disebut-sebut jauh lebih menguntungkan. Jika diasumsikan dijual ke pedagang kelapa segar pinggir jalan dengan harga Rp 8 ribu per bijinya, maka satu pohon bisa menghasilkan Rp 1,4 juta per tahun.

Selain itu, menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, lahan pertanian kelapa genjah ini masih bisa ditumpangsari. Tiap kelapa yang berjarak 4-5 meter maka disela-selanya masih bisa ditanami jagung dan cabai. Sehingga sebelum kelapa ini bisa panen, petani sudah bisa lebih dulu memanen jagungnya.

Keunggulan lain dari kelapa genjah adalah tanaman ini mempunyai tingkat adaptasi cukup baik dan bisa hidup di segala bentuk tanah yang memiliki drainase dan aerasi yang sehat, serta mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Untuk pertumbuhan terbaiknya, tanaman kelapa genjah hidup optimal pada dataran dengan elevensi kisaran 0-450 mdl ber-pH tanah optimum 5,5-7,5 dan suhu rata-rata 27-28 derajat Celsius.

Idealnya, tanaman buah kelapa genjah entok tumbuh dengan subur di area yang memiliki curah hujan 1.200-2.500 mm per tahun, dengan penyinaran optimum 2.000 jam per tahun atau kisaran 180 jam per bulan dan tingkat kelembapan 80-90 persen.

Adapun masa hidup kelapa genjah apabila dipelihara dengan benar, tanaman ini bisa mencapai usia 50 tahun dengan masa produktif selama 25 tahun. (Vn)

Related posts