5 Wakil Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju, Berikut Profilnya

Jakarta,Gpriority-Selain melantik 6 menteri baru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (23/12/2020) juga melantik 5 Wakil Menteri (Wamen) baru sesuai Keputusan Presiden nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Periode 2019-2024.

5 orang Wamen yang dimaksud, Direktur Utama Bank BTN Pahala Mansury mengisi posisi kosong Wamen BUMN yang ditinggalkan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Muhammad Herindra akan mengisi posisi lowong Wamen Pertahanan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang diangkat menjadi Menteri KKP.

Jokowi juga melantik 3 Wamen untuk mengisi jabatan baru. Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada Edward Omar Sharif Hiariej menjabat sebagai Wamen Hukum dan HAM. Dokter speasialis penyakit dalam Dante Saksono Harbuwono sebagai Wamen Kesehatan. dan Bendahara PBNU Harvick Hasnul Qolbi menjabat sebagai Wamen Pertanian.

Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai 5 Wamen baru, berikut profil singkatnya.

1.Wamen BUMN Pahala Mansuri
Pahala Nugraha Mansury merupakan Direktur Utama PT.Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Beliau diangkat menjadi direktur utama di tahun 2019 setelah BTN seperti dilansir website BTN melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa. Sebelumnya, pria lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini lama menjabat sebagai Direktur Finance & Strategy di Bank Mandiri dari Mei 2010 hingga Maret 2015,  Direktur Treasury & Market di Bank Mandiri Maret 2015 hingga April 2017, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk April 2017 hingga September 2018 dan terakhir menjabat sebagai Direktur Keuangan di PT Pertamina (Persero) pada bulan September 2018 hingga November 2019.

Karirnya yang sangat cemerlang membuat Presiden Jokowi menariknya di Kabinet Indonesia Maju menjadi Wamen BUMN menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang diangkat menjadi Menteri Kesehatan.

2. Wamen Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra

Rabu (23/12/2020), Letnan Jendral (Letjen) TNI Muhammad Herindra dilantik sebagai Wamen Pertahanan menggantikan Sakti Wahyu Trenggono yang naik pangkat menjadi Menjadi Menteri KKP. Sebelum menjabat sebagai Wamen Pertahanan, Muhammad Herindra sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI.

Selama berkarir di TNI, Herindra begitu beliau biasa disapa mengantongi beragam tanda jasa sebagai penghargaan atas prestasinya. Adapun tanda jasa yang dimilikinya,Bintang Dharma,Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya,Bintang Kartika Eka Paksi, Royal Order of Sahametrei, SL.Dharma Bantala, SL.Kesetiaan dan beragam penghargaan lainnya.

3. Wamen Hukum dan Ham Edward Omar Sharif Hiariej

Usai menjadi salah satu saksi ahli pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dalam sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi, nama Edward Omar Sharif Hiariej langsung dikenal publik.

Edward sendiri merupakan Guru Besar Ilmu Hukum Pidana di Universitas Gajah Mada (UGM). Sebagai guru besar ilmu hukum pidana, dirinya sering dilibatkan sebagai saksi ahli dalam persidangan sengketa pilpres maupun pilkada di MK.

Edward sendiri tidak menyangka jika karirnya bisa semakin meningkat, pasalnya beliau pernah merasakan masa pahit dikarenakan tidak lulus tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN). “ Namun hal tersebut tidak membuat saya patah semangat, justru saya terus belajar. Dan syukur pada Tuhan, saya berhasil lulus UMPTN di tahun selanjutnya,” ucap Edward seperti dikutip dari suarakarya.com (23/11/2020).

Edward sendiri berjanji akan membantu Menkumham Yasona dalam menjalankan tugasnya.

4. Wamen Kesehatan Dante Saksono Harbuwono

Dante Saksono Harbuwono telah resmi dilantik Presiden Jokowi pada Rabu (23/12/2020). Usai pelantikan, Dante akan bertugas membantu Menkes Budi Gunadi sadikin untuk menjalankan tugasnya.

Dante sendiri tidak menyangka bahwa dirinya bisa menjadi Wamen. Untuk itulah dirinya mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tuanya yang memintanya untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).” Lulus SMA, saya berkeinginan untuk masuk di ITB, namun orang tua meminta saya melanjutkan pendidikan di jurusan kedokteran. Namun dikarenakan tidak sesuai keinginan, makanya saya tidak begitu tertarik dengan pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh dosen. Namun seiring dengan berjalannya waktu, saya pun makin mencintai dunia kedokteran,” ucap Dante seperti dikutip dari suara.com.

5. Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qolbi

Usai dilantik Presiden Jokowi pada Rabu (23/12/2020), Harvick Hasnul Qolbi telah resmi menjabat sebagai Wamen Pertanian. Adapun tugas yang akan dia lakukan adalah membantu Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam melaksanakan tugasnya.

Sebelum menjadi Wamen,Harvick sebenarnya memiliki posisi penting di Pengurus Besar Nahdlatur Ulama (PBNU) yakni menjabat sebagai Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) dan menjabat sebagai Ketua Presidium MPP Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda.

Selain berkecimpung di bidang keagaam, Harvick juga aktif di dalam kegiatan olahraga. Untuk itulah pada saat klub Persija Jakarta membuka pendaftaran Ketua Umum baru Periode 2015-2019 dirinya ikut mendaftar. (Hs.Foto.dok.Sekneg)