65 Bendungan Mulai Dibangun Jokowi Selama 6 Tahun

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah mulai membangun 65 Bendungan di seluruh Indonesia selama enam tahun era pemerintahannya. Pemerintah pun menargetkan selesai membangun 61 bendungan hingga akhir 2024.

Salah satu bendungan yang diresmikan oleh Presiden Jokowi akhir-akhir ini adalah Bendungan Tukul di Pacitan Jawa Timur pada Minggu (14/02/2021).

“Ada 65 bendungan di seluruh Tanah Air yang telah kita mulai bangun 6 tahun lalu dan beberapa sudah bisa diresmikan,” ujar Jokowi saat peresmian.

Jokowi mengatakan Bendungan Tukul yang dibangun dengan biayaa Rp 916 miliar tersebut akan memberikan peran yang sangat penting untuk pengendalian banjir, mengairi sawah, air irigasi, dan penyediaan air baku yang mampu menyediakan pasokan air sekitar 300 liter per detik bagi masyarakat Pacitan. Ditambah, dengan kapasitas tampung 8,7 m3 bendungan ini mampu mengairi 600 hektare sawah sehingga meningkatkan indeks pertanaman.

Pekan depan pemerintah juga akan meresmikan beberapa bendungan seperti Bendungan Napun Gete di Nusa Tenggara Timur (NTT), Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Sindangheula di Provinsi Banten.

Kemudian, empat bendungan di Jawa Timur yang saat ini dalam tahap pembangunan adalah Bendungan Tugu dan Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek, Bendungan Bendo Kabupaten Ponorogo, Bendungan Gongseng Kabupaten Bojonegoro, Bendungan Semantok Kabupaten Nganjuk. Bendungan Tugu dan Gongseng dijadwalkan selesai dan diresmikan tahun ini.

Beberapa bendungan sudah diresmikan seperti Bendungan Raknamo dan Rotiklot di NTT dan Bendungan Tukul di Jatim yang baru saja diresmikan. Bendungan tukul menjadi bendungan ke-18 yang sudah selesai tahun lalu dan diresmikan tahun ini.

Adapun ke 18 bendungan yang sudah dibangun antara lain Bendungan Rajui dan Payaseunara di Aceh, Jatigede di Jawa Barat, Titab di Bali, Bajulmati di Jawa Timur, Nipah di Jawa Timur, Bendungan Teritip di Kalimantan Timur, Rakmano dan Rotiklot di NTT, Tanju dan Mila di NTB, Logung dan Gondang di Jawa Tengah, Sei Gong di Kepulauan Riau, Bendungan Sindang Heula di Banten, Bendungan Napun Gete di NTT, Tukul di Jawa Timur, dan Tapin di Kalimantan Selatan.(Dwi)

Related posts