Besok Pekerja Publik Mulai Divaksinasi

Jakarta,Gpriority-Dalam siaran persnya yang dikirim pada Selasa (16/2/2021), Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan mulai besok (17/2/2021) hingga Mei 2021, Kemenkes akan melakukan vaksinasi tahap ke-2.

“ Untuk tahap ke-2, vaksinasi akan diberikan kepada pekerja publik dan melanjutkan vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (lansia) di atas usia 60 tahun,” kata Maxi Rein Rondonuwu.

Adapun pekerja publik yang dimaksud adalah pendidik (guru dan dosen), pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP, pelayan publik (perangkat desa, BUMN, BUMD, dan pemadam kebakaran), transportasi publik, atlet, wartawan, dan pelaku sektor pariwisata (staf hotel, restoran, dan tempat wisata).

“ Untuk totalnya ada 38,5 juta orang yang terdiri dari 16,9 juta pekerja publik dan 21,5 juta lansia,” ucap Maxi Rein.

Terkait alasan kenapa pekerja publik yang diprioritaskan pada tahan ke-2, Maxi Rein mengatakan,karena mereka merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga sangat rentan terpapar virus COVID-19.

“Ketika mereka terlindungi lewat vaksinasi, maka kita dapat menurunkan laju penyebaran virus, mengurangi beban rumah sakit, serta membantu tenaga kesehatan,” tutupnya.(Hs.Foto.dok.Kemenkes)

Related posts