Agus Harimurti Yudhoyono Terpilih Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2020-2025

Jakarta,Gpriority-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi terpilih sebagai ketua umum partai Demokrat periode 2020-2025 secara aklamasi, setelah sidang paripurna dan verifikasi di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (14/3/2020). Ia dinyatakan memenuhi persyaratan menjadi ketua umum dalam Kongres V Partai Demokrat.

 AHY merupakan orang kelima yang menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat, setelah sebelumnya Demokrat dipimpin oleh ayahnya, yaitu Susilo Bambang Yudoyono (SBY). Lalu bagaimana perjalanan karir anak sulung dari putra presiden ke-6 Indonesia hingga menjadi ketum Partai Demokrat?

Mayor Inf. H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A. atau akrab di sapa AHY, lahir di Bandung, 10 Agustus 1978, lahir dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herrawati atau biasa dikenal Ani Yudhoyono. AHY merupakan anak pertama dari dua bersaudara, memiliki adik laki-laki dengan selisih usia dua tahun yang bernama Edhie Baskoro Yudhoyono.

Sejak kecil AHY tumbuh dan berkembang di lingkungan TNI, dan sering berpindah ke berbagai daerah untuk mengikuti perjalan tugas ayahnya yang menjadi perwira TNI, seperti Bandung, Timor- Timor (sekarang Timor Leste), Jakarta dan Amerika Serikat. AHY mengenyam pendidikan awal di kota kelahirannya yaitu SMPN 5 Bandung. Di sekolahnya, AHY menjadi kapten tim basket dan Ketua Seksi Bidang Olahraga pengurus OSIS SMPN 5 Bandung. Pada tahun 1994 AHY pindah sekolah ke Jakarta, tepatnya di SMPN 20 Jakarta mengikuti ayahnya yang bertugas. Kemudian AHY menlajutkan sekolah ke SMA Taruna Nusantara, Magelang. Semasa sekolahnya AHY merupakan siswa berprestasi, ia pernah menjabat sebagai Ketua OSIS, dan menjadi lulusan terbaik di sekolahnya.

Pada tahun 1997, AHY mengikuti jejak ayahnya di militer dan menempuh pendidikan Akademi Militer (AKMIL), Magelang, dan di tahun 1999 ia meraih penghargaan Tri Sakti Wiratama atas prestasi kolektif dalam akademik, kejasmanian fisik dan kepribadian. Prestasi ini membuat AHY dipilih sebagai Komandan Resimen Korps Taruna. AHY kemudian lulus AKMIL dengan predikat terbaik dan meraih Bintang Adi Makayasa.

Selain menempuh pendidikan militer, ayah dari satu orang putri ini juga menjalankan pendidikan tinggi formal. Pada tahun 2006 ia mengambil gelar Master of Science in Strategic Studies di Nanyang Technological University, Singapura. Tahun 2020 Master in Public Administration dari Harvard University, Amerika Serikat. Dan pada tahun 2015 menempuh pendidikan di Webster University Amerika Serikat dengan gelar Master of Arts in Leadership and Management, meraih predikat Summa Cum Laude dengan IPK 4.0.

Suami dari Annisa Pohan Ini mengawali karirnya sebagai militer dengan mengikuti Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri dan Kursus Combat Intel pada tahun 2001. Ia kemudian bergabung dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Ia juga pernah ke Aceh dalam operasi pemulihan, menjadi Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak. Pada bulan November 2006, AHY ditugaskan untuk menjaga perdamaian di perbatasan Israel dan Libanon selama 34 hari, Mengemban tugas sebagai perwira seksi operasi kontingen Garuda XXIII-A. Ia juga sempat bergabung  dalam tim pendirian Universitas Pertahanan Indonesia.

Banyak sekali prestasi yang ia raih selama berkarir di dunia militer, banyak yang menyebut Agus Yudhoyono merupakan calon jenderal dengan prestasi yang luar biasa yang dimiliki oleh TNI dimasa depan. Pangkat terakhir yang ia emban selama berkarir sebagai perwira TNI yaitu pangkat mayor infanteri.

Kemudian pada bulan September 2016, masyarakat dikejutkan dengan pilihan Agus Harimurti Yudhoyono yang ingin terjun ke dunia politik. Ia pun akhirnya keluar dari TNI dan diberhentikan dengan hormat dari kesatuan TNI.

Setelah itu ia pun mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta yang diusung oleh koalisi partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN. Namun dalam pilkada DKI tersebut AHY kalah suara dari kandidat lain yaitu Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Setelah pilkada Jakarta selesai, Agus Yudhoyono banyak menghabiskan waktunya berkeliling atau safari mengisi seminar kepemudaan di berbagai wilayah Indonesia.

Pada 17 Februari 2018, AHY ditunjuk sebagai Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) untuk Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019. Pada Oktober 2019 AHY ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat. AHY diharapkan mampu membawa Partai Demokrat menuju ke arah perubahan yang lebih baik dan progresif.(Dwi)

Related posts