Transjakarta dan MRT Dibatasi Jam Operasional Oleh Anies, Penumpang Antre Panjang

Jakarta,Gpriority-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona alias Covid-19, jumlah penumpang yang berada di stasiun MRT akan dibatasi. Tak hanya itu, pembatasan juga akan dilakukan untuk jumlah penumpang dalam tiap gerbong kereta MRT.

“Tujuannya adalah mengurangi potensi interaksi yang dekat yang ada potensi penularan,” kata Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (15/3/2020).

Menurut Anies, gerbong kereta MRT yang mulanya dapat diisi sampai 300 orang per gerbong akan dibatasi menjadi 60 orang setiap gerbongnya. Di setiap pintu masuk stasiun MRT, lanjut Anies, Pemprov juga akan menyediakan petugas pemeriksa suhu para penumpang.

“Bagi mereka yang ditemukan memiliki suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celcius, akan ditempatkan di ruang tertentu untuk ditangani lebih jauh,” ujar Anies.

Penumpang Menumpuk di MRT Fatmawati

Selain MRT, Anies juga  mengatakan bahwa rute operasional TransJakarta juga dipotong untuk mengurangi interaksi publik.

“TransJakarta yang saat ini melayani 248 rute akan dikurangi secara signifikan hanya 13 rute. Hanya 13 rute yang beroperasi. TJ yang semula 24 jam, jadi jam 6 pagi sampai jam 6 sore,” ucap Anies Baswedan .

Kebijakan pembatasan operasional Transjakarta dan MRT berbuah antrean panjang. Antrean panjang setidaknya terlihat di stasiun MRT Fatmawati dan Dukuh Atas.

Akun Twitter @rifqyalfian yang diretweet akun @RadioElshinta memotret antrean yang panjang menuju stasiun MRT Fatmawati. “08.05 Antrean mengular menuju Stasiun MRT Fatmawati,” tulis akun @rifqyalfian.

Antrean juga mengular di depan Stasiun MRT Dukuh Atas. Akun Twitter @drhaltekehalte mengunggah video suasana antrean di depan pintu masuk stasiun MRT Dukuh Atas. “Suasana antrean masuk ke Stasiun MRT Dukuh Atas,” tulis akun tersebut.

Adapun antrean penumpang yang hendak menumpang Transjakarta juga terlihat mengular di Halte Puri Beta 2 Ciledug. “07.49 Antrean warga yang akan menaiki Bus Transjakarta di Halte Puri Beta 2 Ciledug. @vanny_agstn,” tulis akun resmi Polda Metro Jaya @TMCPoldaMetro.(Hs)

Related posts