Android 15 Dirumorkan akan Lebih Hemat Baterai, Benarkah?

Jakarta, GPriority.co.id – Pada ajang Google I/O yang diadakan beberapa waktu lalu, Google mengungkapkan sejumlah fitur baru yang akan hadir dalam Android 15, termasuk peningkatan fitur privasi dan keamanan. Dilansir Androidauthority pada Senin (20/5), salah satu peningkatan yang paling ditunggu adalah update fitur Doze Mode yang diklaim dapat meningkatkan masa pakai baterai.

Doze Mode pertama kali diperkenalkan pada Android 6.0 Marshmallow, berfungsi untuk menghemat baterai saat ponsel tidak aktif. Fitur ini memasukkan ponsel ke dalam mode doze, membatasi aktivitas latar belakang dan akses aplikasi yang tidak penting ke sumber daya sistem.

Pada Android 15, fitur Doze Mode akan dioptimalkan dengan proses masuk ke mode doze yang lebih cepat. Menurut Google, perangkat yang menjalankan Android 15 akan dapat memasuki mode doze 50 persen lebih cepat daripada yang menjalankan Android 14.

Dalam pengujian internal, Google menemukan bahwa optimalisasi ini dapat meningkatkan waktu standby hingga tiga jam pada beberapa perangkat. Namun, hasilnya dapat bervariasi tergantung pada smartphone dan pola penggunaannya.

Versi stabil Android 15 dijadwalkan akan dirilis pada akhir tahun ini, namun butuh waktu bagi produsen smartphone untuk meluncurkannya ke perangkat masing-masing.

Foto: Android Authority/Edgar Cervantes