Anies: Pemprov DKI Siap Laksanakan PPKM Darurat

Jakarta,Gpriority-Hari ini (1/7/2021) Presiden Joko Widodo mengumumkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa dan Bali.

Menanggapi PPKM Darurat yang berlaku pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021, Anies dalam siaran persnya secara virtual pada Kamis (1/7/2021) mengatakan Pemprov DKI siap melaksanakannya. Bahkan dirinya mengaku telah melakukan koordinasi dengan Menko Marves Luhut B.Pandjaitan selaku Ketua Satgas PPKM Darurat Jawa Bali.
” Berdasarkan laporan dari Menko Marves Luhut B.Pandjaitan, seluruh wilayah DKI Jakarta di level 4 sehingga semua wilayah harus menerapkan aturan yang berlaku,” jelas Anies Baswedan.
Terkait aturan yang akan diberlakukan, Anies menjelaskan sama dengan aturan yang akan diterapkan oleh pusat seperti menetapkan bekerja dari rumah atau WFH 100 persen bagi perkantoran dam sektor nonesensial.Sedangkan, perkantoran di sektor esensial dapat menerapkan work from office (WFO) 50 persen dengan protokol kesehatan. Sektor tersebut meliputi keuangan dan perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan non penanganan karantina Covid-19, serta industri orientasi ekspor.

PPKM Darurat juga akan menutup secara penuh pusat perbelanjaan atau mal. Selain itu, rumah makan atau restoran juga hanya melayani take away atau dilarang makan ditempat. PPKM Darurat jug akan menutup tempat peribadatan. Dan mengizinkan hajatan hanya dihadiri 30 orang saja dengan sistem take away.

Sementara untuk perjalanan jarak jauh dengan menggunakan kereta api, harus menyertakan surat vaksinasi dan rapid antigen, sedangkan untuk pesawat PCR H-2 dan surat vaksinasi.

Anies dalam siaran persnya juga telah menyiapkan beberapa tempat untuk pasien Covid-19 bergejala ringan dan OTG untuk melakukan isolasi mandiri. ” Sesuai dengan instruksi Menko Marves, kami harus menyiapkan tempat isolasi mandiri. Dan sudah kami siapkan,” tegas Anies.

Anies juga telah menyiapkan petugas untuk melakukan penyekatan dan penjagaan wilayah.” Mudah-mudahan dengan cara ini, Covid-19 di DKI Jakarta kembali menurun,” tutup Anies.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts