Antisipasi Lonjakan TKI di Sulsel Dan PB NU Menyarankan Agar Tidak Mudik

Jakarta,Gpriority-Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan melakukan antisipasi lonjakan tenaga kerja TKI yang pulang kampung akibat virus corona.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengaku terus berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk mengantisipasi 772 TKI yang bakal mudik ke kampung halaman.

“Mereka TKI resmi, jadi pulangnya juga resmi sehingga terdata. Tapi ada juga TKI yang tidak resmi, jadi pulangnya tidak resmi juga. Nah ini yang kita waspadai,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (29/3/2020).

Dia meminta peran kepala daerah setempat untuk mendata setiap pemudik yang datang ke Sulsel.

“Ini kan bahaya mereka membawa virus dari daerah itu ke daerah yang dituju. Tapi perlu kesadaran orang itu sendiri agar tidak pulang kampung dulu, karena membahayakan keluarga dan orang lain. Itulah pentingnya social distancing dan physical distancing yang terus digaungkan ke masyarakat,” pungkasnya.

Sementara PB NU mengajak agar masyarakat untuk tidak mudik saat lebaran.

PB NU menyarankan agar umat muslim menggunakan teknologi dalam jaringan atau online untuk mencegah penyebaran covid-19.(Hs)

Related posts