Arab Saudi Buka Umroh di Bulan Ramadhan, Jamaah Dari Indonesia Kapan?

Dikutip dari reuters, Rabu (7/4/2021), Pemerintah Arab Saudi mengumumkan bahwa pihaknya akan membuka umroh secara terbatas pad awal ramadan 1422 Hijriah.

Menanggapi kabar baik tersebut, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Khoirizi seperti dikutip sonora, Kamis (8/4/2021) mengatakan, Kemenag sangat menyambut baik dibukanya umroh awal ramadan meskipun dengan jumlah terbatas.  Yakni untuk warga Arab Saudi dan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi yang sudah divaksin.

“ Tentu ini harus kita syukuri , mudah-mudahan tanda baik ini penyebarannya lebih meluas lagi, sehingga jamaah Indonesia bisa melaksanakan umroh,” jelasnya.

Terkait dengan pembukaan umroh, Kemenag terus melakukan lobi kepada pemerintah Arab Saudi, “ Mudah-mudahan bisa dibuka kembali secepatnya, mengingat sudah banyak jamaah yang tertunda keberangkatannya,” tegas Khoirizi.

Khoirizi sendiri tidak mau berandai-andai berapa jumlah kuota orang yang akan diberangkatkan, mengingat hingga saat ini Indonesia masih belum diperbolehkan mengirim jamaahnya.

“ Yang pasti jika sudah diperbolehkan, maka jamaah umroh yang akan diberangkatkan adalah yang sudah divaksin Covid-19 2 x.  Untuk usianya kemenag akan melakukan pembatasan, yakni mulai 18 hingga 60 tahun,” tutup Khoirizi.(Hs.Foto.dok.Gomema)

 

Related posts