Barongko dan Lemet Jadi Kudapan Favorit Istri Gubernur Kaltara, Rachmawati Zainal Paliwang, Berikut Resep Membuatnya

GPRIORITY, TANJUNG SELOR – Siapa sangka Barongko dan Lemet menjadi kudapan pangan lokal favorit Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Rachmawati Zainal Paliwang.

Kedua kudapan lokal ini kerap disajikan oleh Rachmawati kepada tamu yang datang ke rumah jabatan Gubernur Kaltara. “Setiap tamu yang datang ke rumah kami (rumah jabatan), bukan kami menyajikan roti, cake atau sebagainya. Tapi lebih ke pangan lokal. Selain Barongko dan Lemet, kadang juga kami sajikan kue talam yang terbuat dari tepung ubi,” kata Rachmawati, Kamis (12/8/2021).

Istri orang nomor satu di Kaltara itu fasih menjelaskan tentang kedua kudapan lokal favoritnya. Menurut dia Lemet dibuat dari singkong yang diparut dan dicampur gula merah, lalu dimasak dengan cara dikukus.”Kalau di wilayah Jawa itu namanya pais,” pungkasnya.

Sementara itu, resep dari Barongko adalah pisang atau jagung dilumatkan, diberi telur, gula dan santan. Cara memasaknya juga sama dengan dikukus.

“Selain dari pisang atau jagung, bisa juga dicampur dengan nangka atau pandan sebagai pengharum. Saya pandai membuatnya,” jelas Rachmawati.

Selain kedua kudapan tadi, ia menambahkan satu lagi kudapan pangan lokal favorit dari bahan baku labu. Labu diparut kasar, dicampur kelapa muda dan sedikit garam. Cara memasaknya juga sama dengan cara dikukus. “Namanya Nagasari Labu. Itu juga makanan favorit sambil minum teh pahit,” imbuhnya.

Rachmawati mengajak seluruh ibu rumah tangga agar mau berkreasi membuat kudapan berbasis pangan lokal. Selain bisa membantu para petani, kudapan berbasis pangan lokal tinggi akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi keluarga. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Selain sangat mudah membuatnya, ibu rumah tangga bisa mendapatkan atau membeli bahan-bahannya dari lingkungan sekitar. Harganya juga tidak mahal kok,” tutupnya.(FBI)

Related posts