Berburu Sunset di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur


Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur memiliki julukan kota seribu sunset.

Julukan tersebut layak disandang Labuan Bajo sebab banyak pilihan tempat untuk menyaksikan dan menikmati matahari tenggelam dengan sensasi yang berbeda di setiap tempatnya.

Selain menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan panorama sunset, Labuan bajo juga ditetapkan sebagai destinasi wisata superprioritas oleh pemerintah pusat, berikut ini beberapa tempat yang dapat di kunjungi untuk melihat sunset.

1. Bukit Cinta, sering dijadikan sebagai tempat tujuan untuk pasangan kekasih yang ingin menghabiskan waktunya bersama, ditemani suasana senja. Lokasinya berada sekitar 10 menit ke utara dari pusat kota Labuan Bajo atau bandara.

2. Bukit Sylvia, berasal dari nama hotel yang terkenal di daerah sana, memiliki pesona yang menjadi daya tarik wisatawan. Dari Pelabuhan Bajo butuh waktu 30 menit untuk berjalan, dan 5 menit menggunakan angkot atau ojek

3. Pantai Padar, pantai pasir putih terhampar luas dan bersih sangat cocok bagi wisatawan yang hobi berjemur. Pantai Pada berada di Pulau Padar, Taman Nasional Komodo.

4. Pulau Kalong, keaneka ragaman hayati dan kedamaian ada di sini. Lokasinya berada di kawasan hutan lindung Mbeliling di Labuan Bajo.

5. Pantai Pede, terdapat pelabuhan yang berfungsi sebagai pintu gerbang menuju Pulau Komodo. Berjarak 30 menit dengan berjalan kaki dari Pelabuhan Ikan Bajo.

6. Puncak Waringin, wilayah dataran dengan tinggi 45 meter hingga 54 meter di atas permukaan laut. Tempat ini juga menjadi pusat oleh-oleh khas Labuan Bajo.

7. Dermaga Putih, dermaga yang menjadi pitu utama untuk masuk ke pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo. Tak hanya menikmati sunset di waktu senja, pada siang hari pun pengunjung dapat menikmati cantiknya air yang jernih nan biru. (Dw.foto.dok.Kemenparekraf)

Related posts