Berdiri sebelum Merdeka, Roti ‘Tan Ek Tjoan’ Tetap Eksis Meski Banyak Pesaing

Jakarta, GPriority.co.id – Bagi para pecinta roti, pasti anda sudah tidak asing dengan merk roti ‘Tan Ek Tjoan’. Roti ini adalah salah satu merk roti yang paling legendaris di Indonesia.

Bagaimana tidak? roti ‘Tan Ek Tjoan’ bahkan sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Roti ini sudah ada sejak tahun 1921, dan mulai dijual di Bogor. Tepatnya di daerah Surya Kencana.

Membaca namanya saja pasti anda sudah bisa menebak bahwa pendiri roti ini adalah keturunan Tionghoa. Roti ‘Tan Ek Tjoan’ sendiri diambil dari nama pendirinya, yang merintis bisnis roti bersama sang istri, Pho Lin Nio.

Tan Ek Tjoan dan Pho Lin Nio bekerja sama untuk membangun usaha bisnis roti ini. Istrinya yang memproduksi roti, dan Tan Ek Tjoan lah yang memasarkannya.

Uniknya, roti ‘Tan Ek Tjoan’ mulai terkenal karena saat itu ia berjualan di sekitar rumahnya, yang didominasi oleh orang Belanda. Tak hanya orang Belanda yang menyukai roti produksi ‘Tan Ek Tjoan’, bahkan Bung Hatta pun menobatkan roti ‘Tan Ek Tjoan’ sebagai salah satu camilan favoritnya. Saat itu roti yang dibeli Bung Hatta harganya masih Rp3,75.

Sebelum meninggal di tahun 1950, istri Tan Ek Tjoan sudah terlebih dahulu memasarkan roti ini ke ibu kota Jakarta. Cabang pertama roti ‘Tan Ek Tjoan’ berada di wilayah Tamansari. Kemudian berpindah ke daerah Cikini di tahun 1955.

Di tahun 1958, Pho Lin Nio meninggal dunia dan mewariskan bisnis roti ‘Tan Ek Tjoan’ kepada kedua anaknya, Tan Bok Nio, dan Tan Kim Thay. Selain menjual roti ditempat, mereka juga memasarkan bisnis rotinya dengan mempekerjakan pedagang roti gerobak keliling.

Ditengah gempuran bisnis roti dengan merk terkenal, roti ‘Tan Ek Tjoan’ masih melebarkan sayapnya hingga saat ini. Meski pamornya sempat redup, namun roti ‘Tan Ek Tjoan’ tak semudah itu untuk hilang ditelan para pesaingnya.

Salah satu varian roti yang banyak digemari adalah roti gambang. Selain itu ada juga roti manis, roti keset, roti gurih isi, hingga kue tart untuk ulang tahun dan aneka kue tradisional. Bahkan mereka juga menjual es krim yang dibuat dengan resep turun temurun dan kue kering.

Jika tertarik mencoba, anda bisa datang ke cabang roti ‘Tan Ek Tjoan’ dibawah ini :
Cabang 1 : Jl. W. R. Supratman No.45, Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.
Cabang 2 : Food Court Metro 61 Bundaran Pondok Indah, Jl. Metro Pondok Indah No. 61, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.
Cabang 3 : Jalan Siliwangi No.176 Sukasari, RT.01/RW.04, Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Foto : YouTube/Street Foods Village