Bergerak Bersama untuk Percepatan Penurunan Stunting

Jakarta,Gpriority-Stunting masih menjadi musuh utama Pemerintah Indonesia hingga saat ini. Untuk itulah Kementerian Sekretariat Negara (Kemensekneg) menggelar Rakornas Stunting dengan tema Bergerak Bersama untuk Percepatan Penurunan Stunting.

Acara yang digelar secara virtual melalui aplikasi zoom ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden K.H.Ma’ruf Amin. Beliau dalam sambutannya berpesan, agar stunting tetap menjadi perhatian utama di tengah pandemi Covid-`19.

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, akibat adanya pandemi Covid-19, Pemerintah daerah dan pusat terlihat tidak terlalu serius menangi stunting, sehingga kasus yang selalu terjadi di masyarakat Indonesia akibat gizi buruk ini menjadi terabaikan. Untuk itulah beliau berpesan agar pemda dan pemerintah pusat kembali bergerak bersama untuk percepataan penurunan stunting.

Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Astera Primanto Bhakti  dalam sambutannya juga mengatakan bahwa momentum penurunan stunting di tahun 2019 yang sudah sangat bagus yakni di angka 27,7%, harus kembali meningkat menjadi 37,2% seperti di tahun 2013. “ Peningkatan ini bisa terjadi akibat adanya pandemi, sehingga kita semua terfokus pada virus yang berasal dari China ini,” jelas Astera.

Untuk itulah, lanjut Astera, di momen penurunan Covid-19, sudah selayaknya pemerintah pusat dan daerah kembali bahu membahu melawan stunting, sehingga penurunan bisa kembali terjadi.” Saya yakin jika kita bergerak bersama, maka stunting bisa cepat turun,” tutup Astera.(Hs.Foto.Kemensekneg)

Related posts