Portal Resmi Luwu Utara Diserang DDOS

Portal resmi Pemerintah Daerah Luwu Utara, Sulawesi Selatan tidak bisa diakses sejak Senin, (16/08/2021) kemarin.

Jika mencoba mengakses alamat tersebut, akan muncul tulisan “i’m under attack” yang berarti saya diserang.

Kepala Bidang Egoverment Dinas Kominfo-SP Luwu Utara, Nirwan Syakir menuturkan saat ini layanan website tersebut mendapat serangan DDOS yang cukup kuat.

“Assalamualaikum wr. wb. Dalam monitoring kami, layanan website luwuutarakab.go.id saat ini mendapat serangan DDOS yang cukup masif sehingga berdampak pada system kami. Sebagai tindakan preventif, saat ini layanan hosting sementara kami suspend sambil mempersiapkan penggunaan cloudflare. Mohon maaf atas gangguan ini,” tulisnya singkat pada Selasa (17/08/2021).

Diketahui DDOS adalah jenis serangan yang dilakukan dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan internet pada server, sistem, atau jaringan. Umumnya serangan ini dilakukan menggunakan beberapa komputer host penyerang sampai dengan komputer target tidak bisa diakses.

Tak sampai disitu, DDOS adalah serangan yang sangat populer digunakan oleh hacker. Selain mempunyai banyak jenis, DDOS memiliki konsep yang sangat sederhana, yaitu membuat lalu lintas server berjalan dengan beban yang berat sampai tidak bisa lagi menampung koneksi dari user lain (overload).

Salah satu cara dengan mengirimkan request ke server secara terus menerus dengan transaksi data yang besar.

Hingga berita ini ditulis, Senin (23/08/2021) website resmi Pemkab Luwu Utara masih belum bisa diakses, dan masih dalam tahap perbaikan.(dwi.foto.dok.Pemkab Luwu Utara)

Related posts