Berinovasi Tiada Henti Menuju Indonesia Emas 2045

Berinovasi Tiada Henti Menuju Indonesia Emas 2045 merupakan tema yang diangkat dalam Hari Ulang Tahun BPPT yang ke-43. Berbeda dengan sebelumnya, pada HUT yang  digelar pada 23 Agustus 2021 ini, BPPT kembali menggelarnya secara virtual.

“ Meski digelar secara virtual, acara HUT tetap meriah. Buktinya seluruh tamu undangan dan juga awak media hadir,” jelas  Kepala BPPT Hammam Riza dalam sambutannya.

Terkait dengan tema yang diangkat, Hammam menjelaskan bahwa tema ini sesuai dengan perjalanan BPPT yang  selama 43 tahun, tidak pernah berhenti melakukan inovasi. “ Bahkan di tahun 2019, BPPT telah fasih melaksanakan amanat UU SISNAS IPTEK dengan melaksanakan ketujuh perannya, yaitu tiga peran pengkajian teknologi yang meliputi perekayasaan/engineering, kliring teknologi, dan audit teknologi, serta empat peran penerapan teknologi yaitu intermediasi teknologi, difusi/diseminasi teknologi, alih teknologi, dan komersialisasi/hilirisasi teknologi,” jelas Hammam.

Masih sesuai dengan tema tersebut, BPPT juga akan terus melakukan inovasi di tahun 2021 ini. Adapun inovasi yang akan dilakukan oleh BPPT adalah: Yang pertama, inovasi dalam bidang kebencanaan dengan menempatkan proyeksi sensor deploy InaBuoy di 13 lokasi rawan bencana.

Kedua,program mitigasi tsunami yang akan ditempatkan di daerah pinggir pantai.ketiga, BPPT  telah melakukan desain kapal mini liquefied natural gas (LNG) carrier yang telah di-approved/sertifikasi oleh Biro Klasifikasi Indonesia.

Keempat,akan membuat  tiga alat angkut maritim yakni kapal mini, harbor tug dual fuel dan wahana angkut anjungan lepas pantai pasca operasi . Kelima, inovasi di bidang kesehatan melalui inovasi alat kesehatan dalam hal 3T+D (tracing, testing, treatment, dan detecting).

Keenam, inovasi bidang pertahanan dan keamanan diisi dengan kegiatan pengembangan Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) Elang Hitam. Ketujuh fokus bidang rekayasa keteknikan, BPPT fokus pada penanganan lingkungan dengan menghasilkan inovasi teknologi dalam penyediaan air bersih, penanganan sampah serta limbah terintegrasi yang ramah lingkungan. Dan terakhir, inovasi di bidang transportasi dengan membuat kendaraan listrik dan roadmap kereta api cepat di Indonesia.

Hammam berharap inovasi-inovasi yang dihasilkan ini bisa bermanfaat bagi bangsa Indonesia, sehingga visi misi Indonesia Emas 2045 yang dicanangkan Presiden Joko Widodo bisa tercapai.(Hs.Foto.Humas BPPT)

Related posts