Bersama DPRD, Pemrov Kalteng Bahas Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama dengan DPRD Kalteng mengadakan rapat gabungan mengenai Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) provinsi Kalteng tahun 2021-2026.

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kalteng Wiyanti secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (27/07/2021).

Selain membahas tentang Rancangan RPJMD, rapat tersebut juga membahas tentang pendapat Fraksi-Fraksi Pendukung DPRD Kalteng. Sbelumnya, Rancangan Awal RPJMD Kalteng Tahun 2021-2026 telah disampaikan beberapa waktu lalu kepada DPRD Kalteng.

Pj. Sekretaris Daerah Kalteng H. Nuryakin mengatakan, Rancangan Awal tersebut berkaitan dengan terpilih dan dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng periode 2021-2024 oleh Presiden RI.

“Sehingga untuk mengatur langkah kedepan untuk pelaksanaan pembangunan di Kalteng dibuat dalam RPJMD Provinsi Kalteng,” katanya.

Kepala Bappedalitbang Kalteng, Yuren S. Bahat secara teknis menyampaikan Rancangan Awal RPJMD Kalteng Tahun 2021-2026. Ia menyebutkan Visi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih merupakan Visi Pembangunan Daerah dalam RPJMD. Visi tersebut menggambarkan arah pembangunan atau kondisi masa depan daerah yang ingin dicapai dalam masa jabatan selama 5 tahun sesuai Misi yang diemban.

Sedangkan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng adalah mempercepat Pembangunan ekonomi yang produktif, kreatif dan berwawasan lingkungan, memperkuat ketahanan Daerah dan mengantisipasi perubahan global, mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik melalui Reformasi Birokrasi, mempercepat Pembangunan Sumber Daya Manusia yang cerdas, sehat dan Berdaya Saing serta meneguhkan Kalteng yang Beriman, Berbudaya dan berkesetaraan gender.

Agar visi dan misi yang telah dijabarkan dalam tujuan dan sasaran yang telah dirumuskan terlealisasikan, maka diperlukan rumusan perencanaan yang lebih bersifat teknis yang berupa Strategi, Arah Kebijakan dan Program Pembangunan.

Sebelumnya, Pemprov Kalteng mengikuti rapat Badan Musyawarah DPRD Kalteng. Rapat tersebut untuk menyusun kembali kegiatan DPRD Kalteng pada Masa Persidangan ke-2 Tahun Sidang 2021.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng, Hamka yang mewakili Pemprov menyampaikan sejumlah masukan terkait jadwal, pihaknya menyetujui jadwal yang telah ditetapkan. Pemprov mengajukan penambahan Raperda mengenai dana cadangan Pilkada 2024 mendatang. (Dwi)

Related posts