DPRD Maluku Dukung Penuh Program Kerja Basarnas

Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury menerima kedatangan Kepala Basarnas Ambon, Letkol TNI AL Mustari dalam rangka membahas berbagai program kerja Basarnas Ambon dan langkah kebijakan Basarnas di provinsi Maluku, Selasa (13/7).

Letkol TNI AL Mustari juga menyampaikan bulan November 2021 mendatang Basarnas Ambon akan kedatangan kapal suplay atau kapal tipe kelas satu dengan panjang 70 meter. Kapal ini sudah di lengkapi dengan Helipad, termasuk ruang medis dan posko juga logistik bahan bakar minyak sekitar 500 ton.

Kapal suplay ini, kata dia, tidak semua Basarnas di Indonesia menerima ini, untuk wilayah timur dipercayakan di provinsi Maluku. “Syukur alhamdulillah kapal suplay ukuran besar ini di tempatkan di Maluku,” ujarnya.

Kapal ini bisa beroperasi pada ketinggian ombak antara 3 – 4 meter. Pada saat kejadian operasi SAR kecelakaan kapal, maka kapal-kapal yang membantu Basarnas tidak lagi kembali lagi ke dermaga, tapi ambil BBM di Kapal Basarnas dan bisa dijadikan posko.

Sementara itu, Ketua DPRD Maluku Lucky menambahkan, akan berkoordinasi dengan Gubernur Maluku Murad Ismail untuk setiap perencanaan dari Basarnas Ambon untuk bisa didukung secara bersama-sama.

“Saya juga sudah bilang ke Basarnas, bahwa kami mendukung kegiatan dan kebijakan Basarnas, karena Maluku ini daerah kepulauan yang luas lautnya sekitar 92 persen dari luas daratan. Sehingga peran Basarnas sangat penting dalam penanganan kecelakaan laut, karena sudah sering terjadi kecelakaan laut dan disitu bagaimana Basarnas memiliki peran dalam penanganannya,” ujar Lucky.

Meskipun untuk sementara kapal tersebut masih dikerjakan di Batam, anggota DPRD Maluku Alimuddin Kolatlena juga berharap kedepan dengan adanya kapal suplay ini bisa berfungsi dan bermanfaat khususnya pada saat penanganan kecelakaan kapal yang ada di provinsi Maluku.(#)

Related posts