Bupati Malinau Wempi Dukung Investasi Masuk ke Daerah, Tapi Harus Ini

GPRIORITY, MALINAU – Bupati Malinau Wempi W Mawa mendukung adanya investasi yang masuk ke daerah.

Kendati begitu, investasi yang baik kata Wempi harus sinergi kehadiran masyarakat, pemerintah dan swasta.

“Karena ketiga ini harus menjadi satu kesatuan dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi itu,” kata Wempi, Kamis (12/8/2021).

“Investasi sangat diperlukan dalam membangun sebuah daerah, termasuk menjadi kepentingan negara, terutama masyarakat. Karena masyarakat sebagai penentu, apakah dampak dari investasi itu mereka bisa sejahtera atau tidak. Makanya diperlukan keterlibatan mereka juga,” tambah Wempi.

Menurutnya, jangan sampai investasi yang masuk besar, namun tidak memiliki dampak yang positif terhadap masyarakat.Atau malah berbenturan dengan norma kehidupan masyarakat dan mereka menjadi korban.

“Makanya investasi harus juga melihat karakteristik masyarakat di satu daerah tersebut. Apalagi kami sebagai kepala daerah juga memiliki batas waktu,” ujarnya.

Terlebih lagi, beber Wempi saat ini dalam berinvestasi dan berusaha untuk memperoleh izin bisa didapat dengan mudah melalui OSS RBA (Online Single Submission Risk Based Approach).

“Kita di Malinau sudah menjalan sistem itu. OSS-RBA adalah perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha,” terangnya.

Dia menilai dengan adanya OSS RBA ini memberikan koneksi yang baik tanpa harus lagi ke mana-mana dalam memperoleh izin.

“Hanya saja untuk Malinau kendalanya masih persoalan jaringan. Karena memperoleh izin itu bisa dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten,” tuturnya.

Namun demikian, keberadaan sistem OSS RBA kata Wempi mampu memberikan¬† transparansi jalur proses perizinan yang ada.”Sehingga kita juga bisa melihat progres dari izin itu sendiri,” tutupnya. (FBI)

Related posts