Danareksa Bentuk Konsorsium untuk Proyek SPAM Rp 3,75 T di Bandung

Badung, GPriority.co.id – Holding BUMN PT Danareksa menandatangani kerja sama konsorsium senilai Rp 3,75 triliun untuk membangun proyek Sistem Pengelolaan Air Bersih (SPAM) di Bandung, Jawa Barat. Kerja sama ini melibatkan PT CITIC Envirotech Indonesia dan SUEZ Service Pte Ltd (Singapore).

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Wakil Menteri BUMN, Kartiko Wirjoatmodjo dan Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Hattari saat momentum World Water Forum ke-10 di Bali, Senin (20/5).

Dalam penjelasannya, Direktur Utama PT Danareksa Yadi Jaya Ruchandi mengatakan, investasi air ini dapat memberikan akses ke masyarakat dengan efisien dan murah, serta mampu membangun konsep investasi yang sehat.

Yadi pun merinci terkait ruang lingkup pengerjaan investasi tersebut. Yakni kata dia, memiliki kapasitas 3.500 liter per detik.

“Sehingga nantinya dapat menambah lebih dari 130.000 sambungan rumah baru di Kota Bandung dan memperluas cakupan air bersih bagi warga Kota Bandung,” tuturnya.

Lebih lanjut, Yadi mengatakan dalam proses pengerjaannya akan didukung oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Jasa Tirta (PJT). Lalu, proses konstruksi ditargetkan akan dimulai tahun ini dan ditargetkan akan rampung pada 3 tahun ke depan.

“Kalau yang Bandung itu penyelesaian 3tahun. (Dipakai) bertahap. Selesai 100%dalam 3 tahun,” ujarnya.

Foto: GPriority