Dekranasda Kaltim Award 2021 Masuk Tahap Penjurian

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Timur menggelar award atau penghargaan kepada perorangan atau kelompok usaha binaan Dekranasda Kabupaten/Kota, maupun peserta umum di Kaltim.

Ajang pemberian penghargaan tersebut saat ini masih berlangsung, dan memasuki tahap penjurian, dii Sekretariat Dekranasda Kaltim Jalan H.M Rifaddin, Selasa (7/9/2021). 

Terdapat 154 jenis produk kerajinan dari 9 Kabupaten/Kota Se Kaltim yang dinilai oleh Tim Dewan Juri, diketuai oleh Hamdani Swara didampingi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kaltim, Hj. Norbaiti Isran Noor.

“Dekranasda Kaltim Award kali ini adalah gelaran kedua yang sebelumnya pada tahun 2020 telah sukses kita laksanakan, pada tahun 2021 ini kita telah melakukan penjurian dan telah menemukan pemenangnya,” kata Norbaiti. 

Diketahui, ada 3 kategori yang dinilai, diantaranya pertama, kerajinan berbahan serat seperti rotan, bambu, pandan, serat Doyo, dan lain-lain. Kedua kerajinan berbahan kayu, dan yang ktiga batik motif Kaltim.

Adapun yang dinilai pada gelaran kali ini adalah Inovatif, Keunggulan, Ramah lingkungan, keaslian, daya jual dan tanggung jawab sosial. 

“Ada yang menjadi pemenang ada pula yang masuk nominasi untuk dilakukan pembinaan oleh Tim Dekranasda Kaltim, kedepan kita akan menganggarkan biaya pembinaan untuk produk yang dianggap berpeluang mencuri hati para konsumen,” imbuhnya. 

Norbaiti melihat ada permainan edukasi yang sangat bagus, dan mengungkapkan pihaknya akan bekerjasama dengan perusahaan memesan produk edukasi yanh akan diserahkan ke PAUD atau TK yang ada di Kaltim. 

Ia berharap dengan diselenggarakannya Dekranasda Kaltim Award 2021 ini dapat membantu pembuatan, pembinaan, serta pemasaran produk sehingga dapat menambah pendapatan bagi pengrajin yang ada di Kaltim.

Diketahui kegiatan ini diikuti oleh seluruh masyarakat di Kaltim baik dari industri kecil menengah, designer, siswa mahasiswa, dan umum. (Dwi.foto.dok.Diskominfo Kaltim)

Related posts