Deretan Negara yang Sudah Legalkan Ganja, Terbaru Ada Jerman!

Jakarta, GPriority.co.id – Pro-kontra soal dilegalkannya ganja, masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Namun, baru-baru ini, negara Jerman telah resmi melegalkan ganja, terhitung sejak Senin (1/4) kemarin. Adapun legalisasi ganja ini hanya boleh diberikan kepada warga Jerman berusia diatas 18 tahun.

Mulai 1 April, penduduk Jerman dilegalkan memiliki ganja secara pribadi dengan besaran 25 gram untuk di ruang publik. Warga jerman juga diizinkan untuk menanam 3 pohon ganja dirumahnya. Penanaman ganja skala besar di klub, juga diperbolehkan mulai 1 Juli mendatang. Namun jumlahnya terbatas hanya 500 orang dan hanya boleh digunakan secara pribadi.

Meski sudah dilegalkan, namun pemerintah Jerman juga melarang penggunaan ganja di area dekat sekolah, fasilitas olahraga, dan tempat bermain anak-anak. Pemberlakuan kebijakan ini dimulai dari jam 7 pagi hingga 8 malam, waktu setempat. Secara tegas, apabila terdapat anak dibawah umur yang menggunakan ganja, pemerintah setempat juga akan menjalankan program pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Pelegalan ganja di Jerman ini seketika mengundang kontroversi dari para warganya. Terutama bagi para praktisi medis disana. Mereka menilai bahwa dilegalkannya ganja dapat meningkatkan resiko tinggi bagi dampak kesehatan generasi muda Jerman. Tetapi bagi pemerintahan koalisi, Kanselir Olaf Scholz, pelegalan ganja bermanfaat untuk membendung peningkatan pasar gelap.

Selain Jerman, inilah daftar negara yang juga sudah melegalkan ganja.

  1. Kanada,
  2. Uruguay,
  3. Belanda,
  4. Italia,
  5. Jamaika,
  6. Afrika Selatan,
  7. Spanyol,
  8. Thailand.

Foto : PTV News