Desa Wisata Religi di Garut Resmi Dibuka

Desa wisata baru religi Puncak Intan Dewata di Petilasan Makam Puteri Intan Dewata, Kabupaten Garut resmi dibuka oleh Bupati Garut Rudy Gunawan, Selasa (07/09/2021).

Desa wisata baru ini menampilkan panorama yang indah khas Garut, yang berdiri di puncak Gunung Putri dengan ketinggian 1400 MDPL (Meter Di atas Permukaan Laut).

Bupati Rudy mengatakan desa wisata yang dulunya memiliki sejarah sebagai Kerajaan Timbanganten ini dikelola sangat baik oleh masyarakat sekita. Ia pun mengapresiasikan kreativitas Kepala Desa Mekarjaya Asep Setiawan Rebit serta masyarakat sekitar.

“Kami ingin ada sebenarnya 88 desa, satu kecamatan ada dua (desa wisata) nah, tapi kita belum ke arah sana tapi ini ada beberapa desa yang kreatif seperti Kepala Desa Mekarjaya, Pak Asep Rebit ini luar biasa kreativitasnya. Kan ini juga gotong royong ya, nanti kita bantu dari pemerintah daerah,” katanya.

Rudy mengatakan, pihaknya akan menyiapkan rencana anggaran untuk desa wisata pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023. Untuk sekarang pemerintah memberikan anggran sementara sebesar Rp 200 juta untuk pengelolaan desa wisata tersebut.

Pembangunan desa wisata Puncak Intan Dewata ini, Kepala Desa Mekarjaya Asep Setiawan Rebit mengatakan pihaknya menghabiskan dana sebesar 5 miliar. Asep berharap akses jalan menuju desa wisata ini bisa diperbaiki agar memudahkan pengunjung ketika akan berwisata menuju Puncak Intan Dewata, terutama akses jalan yang bisa dilalui roda dua dan empat. (Dwi.foto.dok Humas Garut)

Related posts