Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi

Dimasa Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia membuat wisatawan harus bersabar untuk traveling. Meski demikian kita masih bisa mengunjunginya meskipun secara virtual. Salah satu lokasi wisata yang bisa dikunjungi adalah desa wisata yang semakin hari semakin bertumbuh secara virtual.

Gpriority merangkum 12 Desa Wisata diberbagai daerah di Indonesia dengan keunikan dan keindahan disetiap desa wisata.

1. Kampung Bekelir Tangerang Banten

Jika Anda berada di Kota Tangerang tidak afdol rasanya kalau tidak mampir ke Kampung Bekelir yang terletak di Desa Babakan. Sebab di kampung yang meraih 4 kali juara kebersihan se-Kota Tangerang memiliki tempat-tempat yang sangat instagramble salah satunya gang-gang yang terdapat di sepanjang kampung.Tidak hanya di dalam gang, di tembok-tembok rumah warga, halaman rumah warga, pos RT, pagar rumah, jalan atau tempat manapun yang berada di dalam kampung tersebut Anda bisa berselfie ria.

Menurut Ketua RW 01 Kholik, hal ini dikarenakan warga Babakan yang tinggal di Kampung tersebut membuat semua tempat menjadi sangat instagramble.“ Saya senang dengan perkembangan kampung ini, yang awalnya kumuh kini bisa menjadi tempat wisata dan mampu membuat warga memperoleh pemasukan,” jelas Kholik.

2. Desa Bejiharjo Gunung Kidul Yogyakarta

Siapa yang tidak mengenal Desa Bejiharjo, mulai dari anak-anak hingga dewasa sangat mengenalnya dikarenakan Bejiharjo memiliki destinasi wisata yang menjadi primadona yakni gua pindul. Gua Pindul merupakan suatu gua yang didalamnya terdapat aliran sungai bawah tanah yang memanjang dari mulut gua hingga ke ekornya. Gua ini dibuka untuk umum pada 10 Oktober 2010. Gua Pindul adalah gua kapur.Gua Pindul memiliki keeksotisan yang tak dapat diragukan lagi keindahannya, sehingga janganheran jika ratusan bahkan ribuan pengunjung berbondong – bondong setiap harinya untuk menikmati keindahan alam di objek wisata yang satu ini.

Gua ini membentang panjang sekitar 350 m, dengan lebar mencapai 5 m. Gua Pindul memiliki kedalaman sekitar 5 hingga 12 m. Sedangkan jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 m.

3. Desa Wisata Bontagula Bontang Kaltim

Desa Wisata Bontagula terletak di Desa Bontagula di Kota Bontang, Kalimantan Timur, merupakan desa wisata maritim yang sudah terkenal, dengan keindahan lautnya dan aktivitas warga pesisir, dan desa ini di apit oleh laut, membuat bibir pantainya sangat indah untuk bisa melihat lekak-lekuk alamnya.

Sebelumnya, Desa Bontagalu merupakan desa terpencil dan memiliki penghasilan ekonomi yang cukup rendah. Namun, mereka berhasil meningkatkan taraf hidup mereka melalui pengelolaan pariwisata yang ada di tempat mereka dengan bantuan Pemerintah Pusat.

4.Desa Wisata Hambalang Bogor Jabar

Wisata Desa Hambalang berada di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Destinasi wisata yang dikelola PT.Buana Estate atau dikenal dengan nama Bangku Putih ini memiliki panorama alam yang indah dan salah satu spot foto yang menarik di Bogor. Pemandangan pegunungannya pun tak kalah elok dengan pemandangan puncak Bogor.

Adapun tempat wisata yang dihadirkan di Desa Hambalang ini seperti Taman Fathan dengan tiket masuk Rp.5000, De kendor dengan tiket masuk Rp.10.000, Taman sehat atau Stadion Mini, dan agrowisata Villa Bukit Hambalang. Ditambah lagi Pemerintah Desa Hambalang juga melakukan pelebaran jalan untuk mempermudah akses jalan bagi pengunjung.

Selain wisata alam, Desa Hambalang juga memperkenalkan wisata religi, seperti wisata Ziarah Syeh M. Maulana Mansur, wisata Ziarah Raden Ismail Sunsang, wisata Mbah Haji Naimulloh, dan wisata Mbah Raden Sumi Aji Wali Kontan.

5.Desa Wisata Yenbuba Raja Ampat Papua

Seperti namanya, Desa Wisata Cantik Yenbuba menyimpan sejuta pesona kecantikan yang akan memanjakan mata pengunjung. Desa ini adalah salah satu desa kecil di Raja Ampat. Desa Wisata Cantik Yenbuba memiliki keindahan terumbu karang yang sangat mengagumkan.

Bagi wisatawan pecinta snorkling, desa ini menjadi tempat favorit. Saat menyelam di bawah laut dekat desa ini, maka bersiaplah untuk melihat sekelompok ikan yang ikut berenang.

Desa Wisata Cantik Yenbuba memiliki sebuah dermaga panjang yang terbuat dari kayu. Di tempat ini menjadi salah satu spot foto yang cantik. Kayu-kayu dermaga ini terlihat unik dilihat dari bawah laut. Pemandangan yang sangat cantik dan mempesona. Keindahan bawah lautnya dapat dinikmati tanpa harus menyelam atau snorkeling. Airnya yang jernih menyebabkan ikan-ikan yang berenang dapat terlihat dari permukaan.

6.Desa Wisata Pariangan Tanah Datar Sumbar

Bagi Anda yang tengah berkunjung ke Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat, rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke Desa Wisata Pariangan. Sebab desa tersebut dikenal wisatawan mancanegara sebagai desa wisata terindah di dunia.

Lihat saja jalan utama menuju desa wisata ini, para pengunjung akan ditemani oleh jalan yang berkelok dengan pemandangan hijau yang begitu asri, yakni hamparan sawah yang sangat subur dan pepohonan rimbun. Rumah-rumah Gadang khas Sumatra Barat yang berada di wilayah perkampungan Nagari Pariangan juga tidak biasa. Meski padat, rumah penduduk yang dibangun bertingkat-tingkat mengikuti kontur atau pola dari lereng gunung, terlihat rapi dan sedap dipandang mata.

Setiap jengkal mata memandang, selalu terlihat atap gonjong yang runcing (sebutan atap rumah gadang). Meskipun terlihat tua, rumah-rumah tersebut masih terlihat apik dan khas karena motif-motif minang. Uniknya, masyarakat desa membangun rumah-rumah tersebut secara tradisional dan tanpa menggunakan paku.

Tak hanya rumah-rumah yang menjadi daya tarik desa Nagari Pariangan. Masjid Ishlah yang dibangun pada abad ke-19 pun turut menarik pengunjung. Bangunan tertua yang dibangun Syekh Burhanuddin (seorang ulama terkemuka di Minang) tidak mengadopsi rumah gadang sebagai arsitektur atapnya, melainkan arsitekturnya menyerupai kuil-kuil di Tibet. Masjid tua ini telah mengalami renovasi sebanyak dua kali, yaitu pada 1920 dan 1994. Yang semakin membuat masjid ini unik adalah terdapat pancuran air panas langsung dari Gunung Merapi. Air tersebut dapat digunakan untuk umat Muslim mensucikan diri. Pancuran ini dianggap sebagai sebuah keberkahan bagi masyarakat Nagari Pariangan.

Nagari Pariangan juga menjadi desa pertanian pertama di Minang, kesuburan tanahnya tidak perlu diragukan lagi. Pertanian menjadi sumber pangan masyarakat Nagari Pariangan. Karena begitu menghormati para leluhur dan menjunjung tinggi peninggalan sejarah, sepetak sawah di sana dijadikan situs peninggalan. Ya, Sawah Gadang Satampang Baniah yang merupakan sawah pertama yang dibuka oleh Datuk Tantajo Garhano (leluhur masyarakat Minang) telah dijadikan cagar budaya oleh masyarakat setempat. Hal tersebut sebagai bukti bahwa masyarakat Nagari Pariangan begitu menghormati situs-situs bersejarah warisan dari para leluhur. Sawah pertama tersebut berada di ujung jalan utama desa.

Ada lagi yang menarik di Nagari Pariangan, yakni makam Datuk Tantajo Garhano yang juga merupakan situs sejarah di wilayah desa. Uniknya, tidak seperti makam lain, makam tokoh adat ini selalu berubah panjang dan lebarnya setiap diukur


7.Desa Wisata Argapura Majalengka Jabar

Desa Wisata Argapura berada di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan. Terletak di kaki Gunung Ciremai, desa ini sangatlah cocok untuk para penikmat wisata alam. Di bagian barat Desa Argapura ini juga menampilkan pesona keindahan lembah Cilongkrang.

Kecamatan Argapura merupakan daerah perbukitan terjal dengan ketinggian antara 400 – 2000 meter dari permukaan laut dengan kemiringan tanah antara 25 sampai 40 persen. Mengikuti struktur tanah yang miring, maka beberapa lahan dijadikan terasering yang dimanfaatkan untuk lahan pertanian dan perkebunan.

Adapun potensi wisata alam di desa ini yaitu Bukit Panyaweuyan dengan pesona terasering Argapura yang merupakan warisan leluhur begitu memanjakan mata. Untuk menikmati keindahan terasering Panyaweuyan sebaiknya dilakukan pagi hari antara pukul 06.00 sampai 08.00 WIB.

8.Desa Wisata Ponggok Klaten Jateng

Desa Ponggok merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Potensi yang dimiliki oleh Desa Ponggok ini adalah wisata alam berupa umbul atau mata air yang dikembangkan oleh masyarakat lokal sebagai atraksi wisata.

Berkat wisata alam tersebut, pada tahun 2017 Desa Ponggok mendapat penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik Nasional Kategori Pemberdayaan Masyarakat dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Prestasi yang diraih oleh Desa Wisata Ponggok tersebut tentu mendongkrak branding Kabupaten Klaten dan Desa Ponggok khususnya menjadi semakin dikenal oleh masyarakat luas.

9.Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang Jatim

Lokasi desa ini terletak di sisi barat Kota Batu Malang atau sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Malang. Namun karena bisa ditempuh dengan angkutan umum, desa wisata ini ramai dikunjungi orang sebelum pandemi berlangsung.

Yang menjadi alasan orang mengunjungi Desa Pujon adalah hadirnya beraneka ragam kegiatan seperti petik sayur, outbound, camping, belajar membuat biogas, mengolah susu, atau beternak. Selain itu hadirnya cafe sawah yang Instagramble membuat Desa Pujon menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan mancanegara dan lokal.

10.Desa Wisata Teluk Meranti Riau

Tempat terindah lainnya adalah Teluk Meranti. Teluk Meranti sendiri adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Pelalawan, Riau, Indonesia. Secara geografis Teluk Meranti berada pada dataran rendah berawa-rawa dengan lahan gambut yang cukup luas. Wilayah Teluk meranti dibelah oleh aliran sungai kampar yang bermuara ke selat malaka.

Sepanjang aliran sungai tersebut membentang hutan lebat tropis yang sangat luas dikedua sisi sungai tersebut. Penduduk asli Teluk Meranti adalah suku melayu. Mata pencaharian penduduknya bergantung pada sektor pertanian, perkebunan, nelayan, kehutanan dan lain sebagainya.

Salah satu potensi besar yang ada di Kecamatan Teluk Meranti yaitu di bidang pariwisata, yaitu objek wisata fenomena alamnya berupa ombak bono yang terdapat di sungai kampar. Fenomena alam tersebut hanya ada dua di dunia yaitu di sungai Amazon, Brazil dan sungai Kampar Teluk Meranti, pelalawan, Riau, Indonesia.

Nah bagi Anda yang hobi berselancar di atas ombak, wajib mencoba ombak di Teluk Meranti.

11.Desa Wisata Jodipan Malang Jatim

Desa Wisata Jodipan dikenal sebagai kampung warna-warni. Hal ini dikarenakan hadirnya deretan rumah warga yang menampilkan dinding dengan aneka warna yang menarik dan tidak monoton.

Desa Wisata Jodipan sendiri digagas oleh 8 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tengah magang. Mereka berkeinginan menyulap kampung kumuh tersebut menjadi destinasi menarik di Kota Malang. Setelah berdiskusi dengan Ketua RT dan warga mereka pun menyulapnya menjadi desa penuh warna-warni. Alhasil setelah disulap menjadi desa penuh warna pada 2016 lalu, wisatawan baik dari mancanegara maupun lokal selalu memadati desa tersebut.

12.Desa Wisata Bejalen Ambarawa Jateng

Bagi Anda yang senang berselfie ria ada salah satu desa wisata yang cocok untuk dikunjungi. Namanya Desa Wisata Bejalen Ambarawa yang terletak di Provinsi Jateng.

Di desa tersebut, Anda akan melihat pemandangan warna-warni yang sangat mencolok.Tidak hanya temboknya saja yang berwarna-warni, pagar pembatas jembatan di sepanjang jalan juga berwarna-warni, bagus dipandang.Selain itu Anda juga akan menemukan beberapa spot yang bisa dijadikan foto untuk medsos Anda. Adapun spot yang dimaksud sepeda dan vespa.(#)

 

 

Related posts