Destinasi Agrowisata di Desa Wisata Alamendah Bandung

Desa Wisata Alamendah di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung berhasil masuk dalam daftar 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pun terpukau akan keindahan dan potensi wisata saat berkunjung ke desa wisata Alamendah, Jum’at (10/09/2021).

“Desa Wisata Alamendah ditetapkan sebagai 50 desa wisata terbaik. Atas nama Kemenparekraf, hari ini kami sangat berbahagia bahwa Desa Wisata Alamendah ini menjadi satu simbol kebangkitan ekonomi,” kata, Sandiaga uno.


Udara yang sejuk hingga kebun stroberi yang manis, menambahkan keasrian dan cocok untuk kita yang sedang mencari ketenangan, membuat rileks, dan melepas penat.

Desa ini memiliki wilayah seluas 2.265 km2 dengan mayoritas penduduknya adalah petani dan pedagang. Dari sana, penduduk setempat menambahkan kegiatan mereka menjadi paket wisata, mengajak wisatawan mengikuti aktivitas sehari-hari, seperti menanam sayur, buah, dan kopi, serta mengurus ternak.

Agrowisata di desa ini menawarkan wisatawan untuk menanam tanaman stroberi sendiri hingga memetik sepuasnya saat ingin membeli.

Ada 5 jenis stroberi yang dapat ditemukan di desa ini, yaitu KP belut, manora, mencir, enia, dan earlibret. Stroberi jenis mencir ini menjadi yang terkenal di kalangan wisatawan karena berukuran besar dan juga manis.

Pesona alam yang ditawarkan pun sangat beragam, diantaranya yaitu Curug Awi Langit, Arboretum Park Alamendah, Kawah Putih, dan Ranca Upas.

Selain itu, desa ini juga menghadirkan atraksi andalan yaitu bird watching, mengamati burung-burung di alam bebas menggunakan alat bantu, seperti teropong binokular atau sekadar santai mendengarkan cuitan mereka.

Terdapat 124 jenis burung yang dimiliki desa ini, di antaranya ada elang jawa dan poksay. Uniknya lagi, metode pembayaran atraksi ini menggunakan mata uang dolar AS.

Bagi yang tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata ini, wisatawan dapat menyewa homestay atau tempat penginapan untuk mendapatkan pengalaman berwisata yang lebih menyenangkan. (Dwi.foto.dok. Humas Desa Alamendah)

Related posts