Dibuka Saat Lebaran, Ini 5 Ide Destinasi Wisata di Bogor

Seiring dengan dilarangnya mudik tahun ini, membuat masyarakat merayakan Lebaran di tempat tinggalnya masing-masing.

Tak terkecuali bagi masyarakar Bogor yang merupakan wilayah Aglomerasi, wilayah yang dilarang mudik oleh Satgas Covid-19. Meskipun dilarang untuk mudik, banyak hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk berlibur, salah satunya dengan berwisata di daerahnya masing-masing.

Pemerintah Kota Bogor sendiri mengusulkan diberlakukannya syarat tes swab antigen dalam waktu 1×24 jam dengan hasil negatif untuk pendatang di tempat wisata, sebelum ada kebijakan lebih lanjut dari pemerintah pusat hari libur Lebaran, pada 13-16 Mei 2021.

Berikut ini tempat wisata yang di daerah Bogor yang bisa dijadikan ide berlibur saat Lebaran. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

1. Taman Safari

Taman Safari berada di Jalan Kapten Harun Kabir nomor 724, Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Bogor. Aktivitas yang paling digemari pengunjung di taman Safari yaitu Safari Journey, yang mana pengunjung dapat berkeliling taman untuk bertemu hewan langka di habitatnya selama 45 menit.

Selain Safari Journey, ada beberapa atraksi wisata yang dapat dijumpai di sana diantaranya, Istana Panda, 13 Wahana Permainan, 8 Presentasi Edukasi, Baby Zoo, Kubah Burung, Komodo Dragon Island, Pusat Primata, Air Terjun Curug Jaksa, Kampung Papua, dan Humboldt Penguin.

Untuk harga tiket masuk pada hari biasa, pengunjung dikenakan tarif mulai dari Rp 185.000 per orang dewasa, sementara pada akhir pekan harganya mulai dari Rp 220.000. Untuk anak-anak, harga tiket masuk pada hari biasa mulai dari Rp 160.000 dan pada akhir pekan mulai dari Rp 200.000.

Beradasarkan informasi dari web resmi Taman Safari, ketersediaan tiket masuk pada libur Lebaran dari tanggal 12-23 Mei 2021 dikenakan biaya tiket sebesar Rp 240.000 per orang. Jam operasional Taman Safari Bogor adalah setiap hari mulai pukul 08.30–17.00 WIB.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuian Indonesia (LIPI) ini berada di Jalan Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Selain sebagai tempat konservasi tumbuhan Indonesia, banyak juga spot wisata menarik yang disuguhkan disini seperti Taman Teijsman, Taman Soedjana Kassan, Taman Orchidarium, Taman Obat, Taman Meskipo, Taman Bambu, Taman Astrid, Pemakaman Kuno Belanda, Museum Zoologi, dan masih banyak lagi.

Kebun Raya Bogor buka setiap hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 – 16.00, kemudian pada hari Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional buka pada pukul 07.00 – 16.00 melalui pintu 1 dan 3.

Adapun untuk tiket masuknya yaitu, wisatawan domestik dikenakan biaya Rp 15.000, wisatawan asing Rp 25.000, menggunakan mobil Rp 50.000, motor Rp 5.000, dan sepeda Rp 5.000. Untuk pembelian tiket bisa langsung melalui website resmi www.kebunraya.id.

3. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari atau biasa disingkat dengan TWM Park merupakan tempat rekreasi keluarga yang berada di tepi jalan raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Tempat wisata yang mengusung konsep “Recreration and Education Park” ini dilengkapi dengan berbagai wahana yang menarik, mulai dari wahana wisata air, wahana permainan, wahana petualangan, dan wahana wisata edukasi.

Adapun untuk harga tiket masuknya dibadrol dengan harga Rp 25.000, dan untuk harga tiket terusan sebesar Rp. 60.000. Taman Wisata Matahari buka setiap hari, pada hari Senin sampai Jum’at beroperasi mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB, sedangkan hari Sabtu, Minggu, dan hari libur dibuka pada pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

4. Taman Wisata Gunung Pancar

Tempat wisata satu ini berada di di Kampung Ciburial, Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor dekat dengan Sentul City. Gunung Pancar terletak pada ketinggian 300–800 meter di atas permukaan laut mampu menarik wisatawan lokal maupun manca negara. Keindahan kawasannya berhiaskan berbagai macam flora dan fauna.

Selain itu bagi pengujung yang gemar dengan aktifitas luar ruangan atau outbound, di lokasi wisata juga tersedia banyak wahana permainan mulai dari Flying Fox, Paint Ball, hingga area bersepeda. Disini juga tersedia berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan seperti camping, galmping, outbound, dan prewedding.

Taman wisata Gunung Pancar ini buka setiap hari selama 24 jam, dengan tiket masuk yang beragam. Pada hari biasa dikenakan harga tiket sebesar Rp 5000 per-orang, Rp 10.000 per-mobil, dan warga negara asing sebesar Rp. 100.000. Sedangkan di hari libur dikenakan biaya Rp 7.500 per-orang, Rp 15.000 per-mobil, dan Rp 150.000 untuk warga negara asing.

5. Istana Bogor

Salah satu tempat wisata edukasi ini berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Keunikan dari Istana Bogor adalah adanya rusa-rusa yang didatangkang langsung dari Nepal. Setiap Sabtu dan Minggu serta hari libur, masyarakat Bogor berlibur kesini untuk memberi makan rusa-rusa yang bebas berkeliaran di halaman istana.

Istana Bogor mempunyai bangunan utama dengan sayap kiri dan sayap kanan, terdapat juga ruang Teratai sebagai sayap tempat penerimaan tamu-tamu negara, ruang Garuda sebagai tempat upacara resmi, ruang sidang menteri-menteri dan ruang pemutaran film, perpusatakaan, ruang makan, kaca seribu, ruang baca presiden, koleksi karya seni, dan lain-lain.

Masyakat umum diperkenankan untuk berkunjung ke Istana Bogor dan tidak dipungut biaya apapun dengan syarat mendapatkan izin dengan membuat permohonan izin kunjugan kepada Kepala Rumah Tangga Kepresiden. Adapun waktu berkunjungnya setiap hari Senin hingga Kamis pukul 09.00-14.00 WIB, hari Jumat pukul 09.00-11.00 dan 14.00-16.00 WIB.(Dwi)

Related posts