Didukung Kendaraan Hybrid, Penjualan Suzuki Indonesia Naik 22 Persen pada Mei 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Penjualan Suzuki di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 22 persen pada Mei 2024, didukung oleh penjualan kendaraan hybrid yang signifikan. Seluruh model hybrid Suzuki menyumbang sebesar 43 persen dari total penjualan mobil penumpang perusahaan pada periode yang sama.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan kategori komersial juga memberikan kontribusi positif dengan menyumbang 52 persen dari penjualan keseluruhan Suzuki.

Mobil penumpang yang paling laris pada periode tersebut adalah New XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno.

“Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami,” ujar Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Randy R. Murdoko, dalam rilis persnya, Jumat (28/6).

Randy mengatakan, dilihat per model yang terjual, New XL7 memimpin penjualan mobil penumpang dengan peningkatan sebesar 28 persen dibandingkan bulan sebelumnya, dengan komposisi yang didominasi oleh New XL7 versi hybrid sebesar 61 persen. Di kategori Medium SUV tiga baris, XL7 mengalami peningkatan pangsa pasar sebesar 6 persen.

Penjualan All New Ertiga didominasi oleh varian hybrid sebesar 70 persen dari total penjualan All New Ertiga, yang masih menjadi primadona. Pada bulan Mei 2024, kendaraan hybrid terus menunjukkan eksistensinya dengan kontribusi sebesar 21 persen dari total keseluruhan penjualan kendaraan Suzuki Indonesia.

Kontributor ketiga adalah Baleno, yang mencatat peningkatan sebesar 57 persen dibandingkan penjualan bulan sebelumnya, serta memimpin pangsa pasar tertinggi sebesar 65 persen di kategori sedan hatchback Indonesia pada bulan Mei 2024.

Kendaraan Suzuki kategori penumpang lain yang menarik perhatian masyarakat adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Di kategori mobil komersial, penjualan New Carry pada Mei 2024 meningkat 26 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Melalui catatan penjualan bulan Mei 2024, kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Suzuki yang terus memilih Suzuki sebagai brand otomotif untuk menunjang mobilitas. Kami juga sangat bangga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Besar harapan kami agar hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” ujar Randy.

Foto: Suzuki