Dihadiri 3.000 Pejabat, RAKORNAS 2019 Bertemakan Sinergi Untuk Indonesia Maju

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu (13/11/2019) dan dihadiri lebih dari 3.000 pejabat.

Unsur Forkopimda dari penegak hukum yang hadir antara lain dari TNI, Polri dan Kejaksaan. Pejabat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Periksa Keuangan (BPK) juga hadir di Rakornas perdana ini.

Dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo, Rakornas 2019 dibagi menjadi delapan sesi, dimulai pada pukul 09.55 WIB hingga pukul 20.15 WIB. Setiap sesi akan diisi oleh narasumber dari kementerian/lembaga negara untuk memaparkan pokok pikiran terkait Program Prioritas Nasional yang dicanangkan pemerintah pusat.

Menurut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Rakornas Forkopimda memiliki tema Sinergi untuk Indonesia maju. Tujuannya yaitu menyinergikan dan menyelaraskan visi misi dan rencana pembangunan lima tahun ke depan Presiden dengan Pemerintah Daerah se-Indonesia. Sehingga, ada kesesuaian program sebelum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ketuk palu.

Dia mengungkapkan, ada lima program prioritas yang digaungkan oleh Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo (Jokowi)- Ma’ruf Amin. pertama mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM) tentang kesehatan dan pendidikan, kedua mengenai pembangunan infrastruktur, ketiga penyegaran regulasi, keempat reformasi birokrasi, dan kelima yaitu transformasi ekonomi. NK/Foto:Sofia/GP

 

Related posts