Dilantik Jadi Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Kemsegneg, Begini Profil Yusuf Permana

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Sekretaris Negara, Pratikno melantik Muhammad Yusuf Permana sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden, Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (6/6).

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 74/TPA Tahun 2024 tentang Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Sekretariat Negara.

“Saya mengucapkan selamat kepada Mas Yusuf Permana untuk posisi anda yang baru, sudah seperti biasa semakin kita ke atas, semakin tinggi resikonya, apalagi kita bekerja langsung kepada Pak Presiden,” ujar Pratikno dalam keterangan resminya.

Pratikno mengingatkan untuk melakukan inovasi dalam pekerjaan namun minim kesalahan. Disamping itu, Menteri Sekretaris Negara juga mengucapkan apresiasi kepada Bey Machmudin selama menjabat sebagai Deputi bidang Protokol, Pers dan Media.

“Kepada Pak Bey yang sebelumnya menduduki posisi ini, saya mengucapkan terima kasih, karena perjalanan panjang saya bersama beliau yang masuk ke dunia media di era yang berbeda, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih,” kata Pratikno.

Profil Muhammad Yusuf Permana

Yusuf lahir di Jakarta pada 24 September 1975. Dia menjadi Sarjana Ekonomi, Universitas Gunadarma pada tahun 1998.

Yusuf merupakan birokrat yang berkarir di lingkup Sekretariat Presiden. Dia mengawali karir sebagai Staf Biro Protokol Sekretariat Presiden pada tahun 2002. Hingga, dia dipercaya Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebagai Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia pada 2021.

Selain itu, Yusuf juga pernah menjabat Komisaris BNI, dia juga diangkat Komisaris PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 2023.

Adapun Yusuf juga ditunjuk sebagai Komisaris Pelayaran Samudera Djakarta Lloyd pada Januari 2020 – Agustus 2021 dan PT Pelindo Multi Terminal.

Foto: Kementerian Sekretariat Negara