PDIP Bakal Jalin Kerja Sama Parpol pada Pilkada Jateng

Jakarta, GPriority.co.id РPDI Perjuangan (PDIP) bakal menjajaki kerja sama dengan partai politik lain pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Tengah tahun 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menuturkan, PDIP sudah membangun komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia pun menjelaskan alasan PDIP melobi dua partai politik tersebut.

“Karena sebelumnya wakil Pak Ganjar (mantan Gubernur Jateng) itu, Gus Yasin, itu juga dari PPP. Jadi, dengan PKB itu kan juga dari pemilu kemarin ada progres kenaikan kursi yang sangat positif,” kata Hasto dalam keterangannya dikutip, Kamis (6/6).

Kendati demikian, Hasto mengatakan PDIP telah menyiapkan kader internal. Menurut Hasto, partainya memiliki banyak stok kader yang memiliki basis dukungan besar di Jateng.

“Misalnya, ada Mas Hendi (Hendrar Prihadi), itu Wali Kota Semarang dua periode, itu bagus. Kemudian ada Pak Jekek (Joko Sutopo), itu dari (Bupati) Wonogiri yang kepemimpinannya sangat mengakar. Ya, cukup banyak tokoh-tokoh yang kami miliki,” tuturnya.

Meski begitu, dia menegaskan PDIP masih terus mengkaji nama-nama yang muncul dari bursa calon gubernur dan wakil gubernur Jateng 2024. Dalam konteks ini, Hasto memastikan PDIP akan membangun kerja sama dengan partai politik lain.

Foto: ANTARA/Narda Margaretha Sinambela