Diresmikan Jokowi, Bendungan Pamukkulu Dapat Genangi 460 Hektare

Makassar, GPriority.co.id- Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan Bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Jumat (5/7) lalu.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Kabupaten Takalar sekitar pukul 14.10 WITA. Tampak menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana di helipad kawasan Bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar adalah Pj. Bupati Takalar Setiawan Aswad beserta istri, Dandim 1462/Takalar Letkol Kav Nanang Sujatmiko, dan Kapolres Takalar AKBP Gotam Hidayat.

Saat peresmian, Kepala Negara turut didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras, Anggota Komisi V DPR Hamka B Kady serta Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif.

Andi Iwan dan Hamka B Kady diketahui keduanya merupakan legislator asal Sulawesi Selatan yang sejak awal mengawal pembangunan bendungan ini.

Bendungan Pamukkulu yang terletak di bagian hulu Sungai Pappa Kabupaten Takalar ini dibangun sejak 15 November 2017.

Bendungan ini dibangun untuk meningkatkan keberlangsungan suplai air bagi lahan pertanian di Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.

“Semua negara produktivitas pertaniannya turun, produksi berasnya turun, ada potensi 500 juta orang akan kelaparan di seluruh dunia. Dan air menjadi hal yang penting sekali,” kata Presiden.

Jokowi menyebut, biaya konstruksi untuk membangun bendungan ini mencapai Rp1,6 triliun dengan daya tampung air 82 juta meter3 dan luas genangan 460 hektare.

“Ini adalah bendungan yang besar dan menghabiskan biaya yang juga sangat besar sekali. Rp 1,6 triliun,” jelasnya.

Foto. : Agustin Effendy