Dispoparekraf Papua Selatan Fokus Tingkatkan Kapasitas SDM

Jakarta, GPriority.co.id – Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Dispoparekraf) Provinsi Papua Selatan tengah fokus memperkuat kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Plh. Kepala Bidang Pariwisata, Disporapar Sidik Weriwu mengatakan penguatan penting dilakukan dalam rangka menghadapi tantangan di era digitalisasi. Apalagi saat ini, kata dia kita tengah dihadapi dengan kecerdasan buatan (AI).

“Pengutan SDM di bidang teknologi, meningkatkan pendidikan dan keahlian, lalu standarisasi dan kompetensi. Targetnya adalah peningkatan SDM di bidang pariwisata, kedua menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu manusia,” ujar Sidik ditemui GPriority saat mengikuti Rapat Koordinasi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, up di Hotel Holiday Inn, Jakarta pada Rabu (29/5).

Dalam rakor tersebut, Sidik menjelaskan terdapat poin penting dari berbagai bidang, seperti kebijakan, pendidikan hingga pembangunan.

Dari poin itu, Sidik berharap, pemerintah pusat dapat memberi dukungan agar pariwisata Papua Selatan lebih dikenal hingga ke penjuru negeri.

“Kami butuh dukungan dari pusat, daerah-daerah lainnya bisa melirik kami dari Provinsi Papua Selatan. Karena kami masih ketinggalan dari berbagai macam akses.”

“Di Papua Selatan, banyak potensi-potensi alam yang belum disentuh. Sehingga, kami butuh dukungan untuk bisa dieksplore ke seluruh Indonesia dan hingga tembus ke mancanegara,” ucapnya.

Sebagai informasi, Kemenparekraf mengundang seluruh Disparekraf di Indonesia. Adapun Rakor tersebut berlangsung selama 2 hari mulai dari 29 Mei – 30 Mei 2024.

Foto: GPriority