Dispar Samarinda Benahi Destinasi Wisata Unggulan

 

 

Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur dalam hal ini Dinas Pariwisata Samarinda terus berupaya mendongkrak dan memajukan pariwisatanya dengan menjalankan berbagai program.

 

Kepala Dinas Pariwisata Samarinda I Gusti Ayu Sulistiani, SH, M.Hum, menyebutkan ada beberapa program yang sudah dilaksanakan selama pandemi Covid-19, baik secara online maupun secara offline. Salah satunya yaitu kegiatan Kemilau Sarung Samarinda, dan pemilihan Duta Wisata Samarinda.

 

“Jadi kemarin kita ada melaksanakan program Kemilau Sarung Samarinda, kemudian pemilihan Duta Wisata, program dilaksanakan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan,” katanya.

 

Seperti pemilihan Duta Wisata yang sudah berlangsung pada Oktober kemarin, Ayu mengatakan Duta Wisata yang terpilih tersebut layak untuk mewakili Samarinda dalam rangka mempromosikan pariwisata.

 

“Kemudian kita menggelar event Kemilau Sarung Samarinda itu juga tujuannya untuk menggugah kreativitas masyarakat meskipun di tengah pandemi, jadi kami berharap masyarakat yang kecimpung di dunia fashion dan merupakan pelaku ekonomi kreatif bisa tetap bergerak meskipun dalam batasan,” ujarnya.

 

Dari kegiatan tersebut, Ayu menuturkan bahwa sarung bisa dipadukan dengan kreativitas yang tinggi bisa menghasilkan pakaian yang sangat modis dan bisa dipakai untuk berbagai macam kesempatan.

 

Selain itu, untuk destinasi wisata di Samarinda, Ayu menyebutkan ada sekitar 14 wisata unggulan seperti Desa Budaya Pampang, Susur Sungai Mahakam, wisata buatan Taman Ulin Arya, Gunung Lonceng, dan masih banyak lagi.

 

“Kita punya target pariwisata di Samarinda ini menjadi destinasi wisata yang betul-betul diminati oleh wisatawan, tidak hanya di sekitar Samarinda namun juga di luar daerah Samarinda, bahkan mancanegara,” tuturnya.

 

Karena memang selama pandemi, Ayu menceritakan yang banyak menjadi wisatawan yaitu masyarakat di sekitar Samarinda seperti, Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara.

 

“Upaya itu sudah kita lakukan mulai sekarang salah satunya adalah kita sudah melakukan pembenahan, merancang, dan melaksanakan bagaimana Susur Sungai Mahakam yang memang menjadi destinasi unggulan, kedepannya kita akan kelola dengan lebih profesional lagi,” pungkasnya. (Dw)

Related posts