Ditengah Pandemi Khofifah Ajak Masyarakat Berlibur

Pandemi Covid-19 yang belum berakhir mengharuskan tempat wisata dan tempat umum lainnya ditutup, demi menekan laju sebaran Covid-19.

Meskipun begitu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tetap memperkenalkan tempat wisata yang ada di Jatim kepada masyarakanya. Ia juga mengajak mereka untuk berlibur usai pandemi Covid-19 berakhir.

Salah satu tempat wisata yang Khofifah perkenalkan adalah Pohon Warna-warni atau Pohon Pelangi yang ada di Dusun Darungan, Sumberwringin, Bondowoso, Jawa Timur.

“Pernah lihat pohon warna-warni seperti pelangi ? Kalau belum, besok usai pandemi Covid-19 coba sambangi Bondowoso, Jawa Timur,” tulisa Khofifah melalui akun instagram pribadinya @khofifah.ip, Sabtu (07/08/2021).

Dalam postinganya tersebut, Khofifah menuturkan bahwa pohon raksasa yang indah seperti pelangi tersebut bukan karena dicat melainakan muncul secara alami dari proses oksidasi.

“Ada kawasan hutan yang isinya adalah pohon raksasa warna-warni berjenis eucalyptus. Bukan karena dicat, tapi warna di pohon tersebut muncul secara alami akibat proses oksidasi. Hutan ini sudah ada sejak Zaman Belanda,” katanya.

Diketahui ketika getah atau kambium pohon ini mengelupas, terjadi gradasi warna yang akan menghasilkan warna hijau, kuning, merah jingga, hingga biru tua, lalu coklat. Siklus ini akan berlangsung dan berulang sepanjang tahun.

Karakter pohon ini juga unik dan beda dari pohon pada umumnya. Tak ada cabang dan ranting. Batang pohonnya lurus menjulang dengan tinggi sekitar 25 meter. Kalau pun ada dahan dan ranting, biasanya hanya akan tumbuh di bagian atasnya saja.

Tak lupa juga Khofifah juga menawarkan kuliner tape singkong dari Bondowoso, Ia menuturkan bahwa tape singkong disana berbeda dengan daerah lain karena memiliki citarasa yang legit dan manis.

“Oh ya, kalau ke Bondowoso jangan lupa cicipi juga berbagai olahan tape singkongnya. Tekstur dan rasa tape disini berbeda dengan tape daerah lain karena sangat legit dan manis. Jadwalkan segera usai pandemi,” tutupnya. (Dwi, foto: ig @khofifah.ip)

Related posts