DPRD dan Pemkab Kutim Bentuk Raperda Kearsipan

Penulis : Haris | Editor : Lina F | Foto : Diskominfo Staper

Kutim,GPriority.co.id-Arsip berperan penting dalam merekam informasi kegiatan, pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, dan juga bukti eksistensi atas sebuah instansi.

Berbekal alasan itulah Pemkab dan DPRD Kutim setuju pembentukan Raperda tentang Pedoman Tata Kearsipan.

Persetujuan bersama tersebut digelar pada rapat paripurna ke -9 DPRD Kutim, Selasa (6/6) yang dipimpin Ketua DPRD Kutim, Joni dan dihadiri Bupati Ardiansyah Sulaiman serta 28 anggota DPRD Kutim lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah Sulaiman menyampaikan bahwa pengelolaan arsip diperlukan untuk menunjang kegiatan administrasi dengan lebih efisien, mulai dari pendataan, peminjaman arsip, hingga restorasi dan juga preservasi arsip.

Dia menyebutkan bahwa selama dalam proses pembahasan pasti muncul berbagai pandangan masukan dan saran yang sangat konstruksi akan sangat mungkin terjadi silang pendapat dan beberapa adu argumentasi.

“Kesemuanya itu semata-mata cerminan dari demokrasi demi tercapainya rumusan peraturan daerah yang terbaik dan berkualitas. Semoga apa yang telah kita lakukan dan kini dapat mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat.

Ketua Pansus Raperda Pedoman Tata Kearsipan Novel Paembonan mengaku bersyukur bahwa Pemda dan DPRD telah sepakat dalam pembentukan Raperda Kearsipan, mengingat arsip sangat membantu ketika pemerintah mengalami masalah ketika menjalankan roda pemerintahan.

“Bukti-bukti yang ada di arsip akan membantu ketika pemerintah dituntut oleh orang yang tidak bertanggung jawab ketika berhadapan di jalur hukum,” kata Novel menutup perbincangannya.