Ekonomi Rakyat Alasan Jokowi Memilih PSBB Dibanding Lockdown

Jakarta,Gpriority-Dalam siaran persnya pada saat meninjau kesiapan RS Darurat Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (1/4/2020) Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan pemerintah lebih memilih pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketimbang karantina wilayah atau lockdown.

Menurut Jokowi yang menjadi alasannya adalah ekonomi.

“Kita tetap aktivitas ekonomi ada, tetapi semua masyarakat harus menjaga jarak,” ujar Jokowi.

Untuk itulah Jokowi meminta agar masyarakat disiplin dalam menjaga jarak satu sama lain. Selain itu, masyarakat diingatkan untuk selalu menjaga kebersihan.

Sementara itu Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan publik mulai mempertanyakan alasan pemerintah memilih PSBB sebagai status saat ini. Padahal bisa juga menggunakan pasal 55 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan, yang mengatur bahwa rakyat dijamin pemenuhan hidup sehari-hari oleh Pemerintah.

Ia menilai dengan penerapan PSBB, pemerintah secara nyata tidak memberikan jaminan kebutuhan hidup sehari ketika prosesnya sedang berlangsung.

Karena itu, Komnas HAM pun telah memberikan rekomendasi kepada Presiden untuk memberikan bantuan langsung sebagai jaminan kehidupan sehari-hari selama proses penanganan Corona. Khususnya jika skema pasal 49 sampai 59 UU Karantina Kesehatan benar-benar diterapkan.

Terkait dengan update Corona, Ahmad Yurianto Juru Bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, menyatakan bahwa pasien Covid-19 di Indonesia masih bertambah.Hingga Rabu (1/4/2020) pukul 12.00 WIB, secara total terdapat 1.677 kasus Covid-19 di Tanah Air.Jumlah ini bertambah 149 pasien dalam periode 24 jam terakhir.

Untuk jumlah pasien meninggal dunia sampai hari ini bertambah 21 orang. Jadi total akumulatif yang tutup usia ada 157 orang.

Meski begitu, ada pula yang sudah dinyatakan sembuh dan negatif dari virus Corona Covid-19 sebanyak 22 orang.

Sehingga, total akumulatif sampai dengan hari ini, ada 103 orang sembuh dan negatif Corona.(Hs)

Related posts