Bentuk Dukung Program Aceh Carong, PT SBA Berikan Beasiswa untuk 350 Anak di Aceh 

ACEH, GPriority.co.id – Sebanyak 350 pelajar di Aceh untuk berbagai tingkatan menerima beasiswa dari PT Solusi Bangun Andalas (SBA) tahun 2024. Penyerahan dilaksanakan di Andalas Hall SBA, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Dari total 350 pelajar penerima berbagai tingkatan, yakni SMP, SMU sederajat, masing-masing sebanyak 100 orang. Begitu juga untuk tingkat mahasiswa sebanyak 100 orang. Sedangkan, untuk santri Dayah Salafiyah, sebanyak 50 orang penerima.

Seperti diketahui, PT SBA rutin menyalurkan bantuan beasiswa kepada pelajar berbagai tingkatan yang ada di dua Kecamatan di Kabupaten Aceh Besar, yakni Kecamatan Lhoknga dan Kecamatan Leupung.

General Manager PT SBA, R. Adi Santosa mengungkap, berdasarkan data yang tercatat, total pelajar yang telah menerima bantuan beasiswa dari PT SBA sejak mulai dilakukan di 2012 hingga sekarang, ada sebanyak 4.850 pelajar dari berbagai tingkatan.

Adi menyebut, beasiswa semen andalas merupakan salah satu program CSR unggulan Pilar Pembangunan Sosial dari SBA.

Namun demikian, Adi mengungkap, untuk bisa mendapatkan beasiswa semen andalas, para calon penerima harus mengikuti tahapan proses seleksi yang menjadi ketentuan dari perusahaan tersebut.

Dalam melakukan seleksi, perusahaan melibatkan lembaga pendidikan yang independen. Hal itu dilakukan untuk menjaga kredibilitas dan independensi program ini.

Sehingga, kata dia, Beasiswa Semen Andalas saat ini menjadi impian bagi pelajar di dua kecamatan itu, karena dianggap salah satu program unggulan yang pada akhirnya program ini menjadi program favorit di kalangan pelajar.

Sebab, lanjutnya, beasiswa ini berkelanjutan, sehingga dapat membantu pelajar dalam memenuhi kebutuhan pendidikan mereka.

“Program beasiswa ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung program Aceh Carong yang dicanangkan oleh Pemerintah Aceh,” kata GM PT SBA, R. Adi Santosa, dalam rilisan-nya yang diterima Gpriority.co.id, Rabu (10/7).

Untuk itu, Adi menyebut, pihaknya ingin terus mendukung dan meningkatkan motivasi belajar para pelajar. Sehingga, kedepannya mereka dapat menjadi generasi yang gemilang dan dapat beradaptasi dengan kemajuan digitalisasi saat ini.

Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Pendikbud) Aceh Besar, Bahrul Jamil menyebut jika program yang dijalankan PT SBA tersebut bisa dijadikan sebagai contoh bagi perusahaan lainnya yang ada di Aceh.

Sebab, ia menilai program tersebut tidak akan salah sasaran dalam proses penyalurannya kepada penerima manfaat.

“Sebab ada proses yang harus dilewati calon penerima manfaat, yakni proses seleksi,” kata Bahrul Jamil.

Atas dasar itu, Kadisdikbud Aceh Besar memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT SBA atas kontribusi serta komitmennya dalam mendukung pendidikan di Kecamatan Lhoknga dan Leupung.

“Ini merupakan kontribusi nyata dan sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan, khususnya di Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadisdikbud Aceh Besar, Bahrul Jamil; Kadis Pendidikan Dayah Aceh Besar, Abu Bakar; Camat, Imuem Mukim, Kapolsek, Danramil, Ketua Forum Keuchik dan Komite Pemberdayaan Masyarakat dari Kecamatan Lhoknga dan Leupung serta perwakilan pelajar penerima beasiswa.

Foto: dok. PT SBT Gpriority.co.id