Tanah Datar Tawarkan Kerajinan, Wisata hingga Kuliner di Apkasi Otonomi Expo 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, kembali berpartisipasi dalam Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2024 yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Datar, Yusrizal, menjelaskan berbagai tawaran menarik dari daerahnya dalam pameran kali ini.

“Di Apkasi tahun 2024 ini, kami membawa produk kerajinan masyarakat Tanah Datar, serta mempromosikan daerah kami yang memiliki potensi wisata besar,” ujar Yusrizal saat ditemui GPriority di JCC, Rabu (10/7).

Yusrizal menjelaskan, Tanah Datar adalah kebupaten kecil di Sumatera Barat. Meskipun Tanah Datar tidak ada tambang atau sawit, namun dianugerahi alam yang indah.

“Tanah Datar itu bukan berarti datar, justru berbukit dan bergelombang,” ujarnya.

Dalam Apkasi 2024, Tanah Datar juga menampilkan berbagai kerajinan tangan, termasuk kain songket yang terkenal, yang pengerjaannya bisa memakan waktu hingga satu tahun.

“Songket dan sulaman kriya kami sangat terkenal, ini adalah handmade dan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya,” kata Yusrizal.

“Kami juga membawa kuliner khas Minang yang memang terkenal enak seperti rendang, serta cemilan-cemilan makanan kecil,” tambah Yusrizal.

Yusrizal juga menyebutkan bahwa Tanah Datar rutin berpartisipasi dalam Apkasi Otonomi Expo.

“Saya pikir setiap tahun kami ikut, jarang sekali kami tidak ikut karena memang efeknya ke daerahnya itu ada,” jelasnya.

Melalui partisipasi dalam Apkasi Otonomi Expo 2024, Tanah Datar berharap dapat lebih memperkenalkan kerajinan tangan dan kuliner khas mereka, serta menarik minat wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam serta budaya unik daerah tersebut.

Foto: GPriority/Ahmad Faqih Zuhair