Evaluasi Kinerja Tiga Bulan Pertama, Pj. Gubenur Papua Barat Laporkan 10 Indikator Prioritas

Jakarta, GPriority.co.id – Pejabat (Pj.) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere bersama jajaran Pemprov Papua Barat mengikuti Evaluasi kinerja pada triwulan I (3 bulan) pertama sebagai Pj. Gubernur Papua Barat sejak dilantik pada 1 November 2023 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Ali Baham melaporkan sejumlah capaian kinerja yang dilaksanakan Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Jakarta pada Kamis (1/2).

“Hari ini, saya sebagai Pj Gubernur Papua Barat, mengikuti evaluasi kinerja sebagai PJ Gubernur triwulan 1 atau tiga bulan yang telah dilaksanakan sejak 1 November sampai dengan 1 februari 2024,” kata Pj. Ali Baham saat ditemui GPriority di lokasi.

Mantan Sekda Kabupaten Fakfak itu menyebut, terdapat 10 indikator capaian kinerja prioritas yang dilaporkan. Kata dia, garis besarnya seputar pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Namun dari 10 indikator yang itu, Ali Baham mengaku masih terdapat catatan/evaluasi untuk kemudian memperbaiki kinerja dalam laporan 3 bulan kedepan.

“Kami tindaklanjuti dengan merumuskan dalam bentuk rencana aksi, kemudian dalam waktu tiga bulan itu kita akan sampaikan kepada seluruh pimpinan OPD, terkait tugas pokok dan fungsinya,” ucap dia.

Lebih lanjut, sepulangnya dari sini Ali Baham meminta kepada seluruh OPD dan jajaran di lingkungan Pemprov Papua Bara untuk segera menindaklanjuti.

“Itu ada langkah – langkahnya, mudah – mudahan di tiga bulan kedepan sudah bisa kita tunjukkan tentang perbaikan,” tutur dia.

Perlu diketahui, 10 Indikator yang dilaporkan antara lain Inflasi, stunting, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), layanan publik, pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan, penyerapan anggaran, kegiatan unggulan dan perizinan.

Adapun Laporan Pertanggung Jawaban itu juga telah termaktub kedalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pejabat Gubernur, Pejabat Bupati dan Pejabat Wali Kota.

Foto: Sifra