Fakta Daun Sambung Nyawa dan Khasiatnya

Daun sambung nyawa atau juga disebut sebagai daun dewa mengandung banyak khasiat untuk kesehatan.

Selain tumbuh di Indonesia, daun dewa ini juga banyak dijumpai di negara lain seperti China, Malaysia, Thailand, Vietnam, yang dijadikan sebagai pengobatan tradisional.

Tanaman herbal dengan nama latin gynura procumbens ini mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan seperti saponin, tannin, terpenoid, flavonoid, kaempferol-3-O-rutinoside, kaempferol, astragalin, hingga rutin.

Selain itu , antioksidan pada daun ini dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel penyebab kanker. Berikut ini beberapaa manfaat daun sambung nyawa, diantaranya :

1. Melawan kanker

Meskipun penelitian tentang daun sambung nyawa untuk pengobatan kanker masih terbatas, namun tanaman ini sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional. Seperti kanker darah, kanker rahim, dan kanker payudara.

Ekstrak dari daun dipercaya dapat mencegah pertumbuhan dan pembelahan serta membunuh sel kanker. Dengan begitu, penyebaran kanker ke organ lain dapat dicegah.

2. Mengatasi diabetes

Beberapa penelitian melaporkan bahwa ekstrak daun sambung nyawa dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Mengatasi Kemandulan

Daun ini dilaporkan dapat mengatasi masalah kemandulan akibat diabetes dengan cara meningkatkan jumlah, pergerakan, dan kualitas sperma, serta mengurangi persentase sperma yang mati.

4. Meredakan peradangan

Tanaman dewa dipercaya dapat meredakan peradangan, seperti rematik, dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus. Karena daun ini mengandung etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol dalam ekstak daun sambung nyawa memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus.

5. Mengatasi hipertensi

Beberapa penelitian melaporkan bahwa daun sambung nyawa dapat mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi) dengan cara mencegah aktivitas angiotensin converting enzyme (ACE), yaitu enzim yang mengatur tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah.

6. Melindungi Jantung

Khasiat daun sambung nyawa untuk darah tinggi bisa menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Kandungan dalam daun dewa terdapat zat hypotesif untuk menurunkan tekanan darah.

7. Mencegah Penyakit Ginjal

Daun sambung nyawa dapat menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.

8. Mengatasi gangguan pencernaan

Luka pada lambung dan usus pada saluran cerna diyakini dapat diredakan dengan ekstrak daun sambung nyawa. Selain itu, ekstrak daun ini dapat mencegah terbentuknya tukak lambung dan melindungi lapisan dalam lambung.

9. Melawan kuman penyebab infeksi

Daun ini dilaporkan dapat mencegah perkembangbiakan Plasmodium penyebab malaria. Selain itu, daun sambung nyawa juga dapat menghambat aktivitas virus penyebab herpes simpleks. Danj juga bakteri penyebab infeksi, seperti Bacillus cereus, Pseudomonas aeruginosa, Vibrio cholerae, dan Salmonella typhi. Serta jamur penyebab kurap, seperti Candida albicans dan Aspergillus niger. (dwi.foto.dok.istimewa)

Related posts