Ini Persiapan Sebelum Anak Masuk TK

Pendidikan yang anak dapatkan di sekolah akan sangat mendukung pertumbuhannya. Si Kecil sangat membutuhkan tuntunan dan dukungan dari orangtua, agar ia benar-benar siap belajar dan bermain di jenjang Taman Kanak-Kanak (TK). Apa yang sudah ibu persiapkan untuk keberhasilan Si Kecil dalam menjalani masa-masa pertamanya di sekolah? Simak enam hal berikut ini.

1.Ajarkan anak agar mau bersosialisasi
Berikan pelajaran mengenai lingkungan dengan baik agar anak dapat menjalin relasi dengan teman-teman barunya yang sebaya. Biarkan anak-anak bercerita mengenai teman dan apa yang terjadi di sekolah.

2.Mengasah kemampuan motorik Si Kecil
Seperti memegang alat tulis, menulis, menggambar, mewarnai, membuka halaman buku, juga makan sendiri agar Si Kecil tidak kaget ketika berhadapan dengan hal tersebut di sekolah.

3.Beritahu hal-hal seru mengenai TK
Berikan pandangan saat anak berada di TK. Contohnya, beritahu jika ia dapat melakukan banyak hal baru, bertemu teman-teman dan guru yang peduli, dan tentunya mencoba permainan baru yang mengasyikkan.

4.Persiapkan anak agar lebih mandiri
Cobalah membiarkan Si Kecil memakai pakaian sendiri, memakai sepatu sendiri, hingga menyiapkan tas dan peralatan sekolahnya sendiri.

5.Ajarkan anak untuk mematuhi perkataan guru
Mulailah mendidik Si Kecil untuk mematuhi perintah orangtua di rumah. Ini dapat dilakukan melalui beberapa cara tertentu, seperti memberikannya tugas sederhana di rumah, berbicara disertai alasan yang dapat dimengerti, atau juga melalui permainan.

6.Tingkatkan rasa empati anak
Orangtua dapat memberikan contoh perilaku berempati yang baik. Juga mengajak anak untuk memahami perasaan anak lain melalui tindakan sederhana seperti menyapa, meminta maaf dan memberikan bantuan secara sukarela. (VIA)

Related posts