Rumah Dongeng untuk Masyarakat Sinjai

Taman Baca Masyarakat (TBM) Rumah Dongeng di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan mendapatkan bantuan program nasional Kampung Literasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Diketahui Taman Baca Masyarakat di Sinjai ini merupakan TBM pertama yang ada di Sulsel, dan tersebar di 8 desa.

Hal tersebut terungkap melalui zoom meeting TBM Rumah Dongeng, Dinas pendidikan Sinjai serta dari Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) Kemendikbudristek, Kamis (19/08/2021).

Koordinator Fungsi Pendidikan Keaksaraan dan Budaya Baca dari Kemendikbudristek, Cecep Suryana menyampaikan bahwa pergerakan dari Rumah Dongeng Sinjai terdengar hingga di pemerintah pusat melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

“Dari sekitar 5000-an TBM yang ada di Indonesia, Rumah Dongeng Sinjai mewakili Sulsel mendapat Program Kampung Literasi, sebab hanya ada 30 TBM di 30 provinsi yang menerima program ini, ” katanya.

Bantuan ini juga diberikan berkat adanya dukungan dari Pemkab Sinjai melalui Dinas Pendidikan setempat. Ia berharap desa yang ada di Sinjai bisa mereplikasi kampung literasi ini.

Ketua Umum Forum TBM, Nero Taopik Abdillah menyampaikan selamat kepada TBM Rumah Dongeng Sinjai atas program yang diperoleh dari Kemendikbudristek.

“Selama ini kami melihat dan mendengar kegiatan teman-teman relawan Rumah Dongeng Sinjai yang begitu luar biasa melalui dunia Maya. Semoga ini menjadi semangat untuk teman-teman relawan Kampung literasi Sinjai dalam bergerak,” pungkasnya. (dwi.foto.dok.sinjaikab)

Related posts