Festival Teluk Tomini Siap Digelar 28-30 Juni, Catat Rangkaian Acaranya

Jakarta, GPriority.co.id – Festival Teluk Tomini (FTT) Tahun 2024 milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) siap digelar Kembali pada 28-30 Juni 2024 di Pantai Kayu Bura.

Diketahui, FTT menjadi salah satu dari 110 kalender pariwisata nasional Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2024.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parigi Mootong, Eni Susilowati mengatakan, proses persiapan festival itu saat ini dimulai giat pembersihan lokasi kegiatan, pembenahan lokasi serta publikasi.

Dia menjelaskan, FTT akan diisi dengan sejumlah penampilan. Antara lain environmental art, kemah kreatif, karnaval fashion, workshop ekonomi kreatif (ekraf), seni pertunjukan kreasi baru, seni pertunjukan multikultur, seni pertunjukan tradisi, pameran ekraf dan UMKM, pasar kuliner rakyat, durian season fiesta, lomba fotografi, dan lomba musik jingle.

Menurut Eni, festival tahun ini berkonsep lingkungan ecotourism, dengan mengutamakan upaya penyelamatan pesisir Teluk Tomini. Semua ornamen yang digunakan pun merupakan hasil daur ulang sampah-sampah di sekitaran pesisir Teluk Tomini.

“Minggu kemarin kami juga sudah melaksanakan workshop untuk anak-anak sekolah di sekitaran Desa Pelawa atau Kecamatan Parigi Tengah untuk bisa memanfaatkan barang-barang bekas itu menjadi sebuah karya seni,” ujarnya dikutip di Jakarta, Senin (10/6).

Pada ajang tersebut, Disporapar Parigi Moutong juga menerapkan sistem pembayaran nontunai melalui QRIS yang bertujuan untuk menghitung jumlah pengunjung serta penghasilan yang didapatkan dari pelaksanaan festival. Sistem pembayaran digital tersebut difasilitasi melalui kerja sama dari pihak perbankan penyedia QRIS.

Lebih lanjut, Eni berharap kegiatan FTT nantinya dapat dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Undangan untuk Pak Menteri sudah kami sampaikan akhir bulan Mei, surat untuk mengundang Pak Menteri Sandiaga Uno sudah kami sampaikan. Kami tinggal menunggu respon balik dari beliau, mudah-mudahan beliau sendiri yang berkenan hadir,” ucapnya.

Foto: Diskominfo Parimo