Forum Lintas Pemerintahan

Jakarta,Gpriority-GOVPAY adalah sebuah forum lintas pemerintahan yang membicarakan soal perkembangan administrasi publik dan perpaduannya dengan transformasi digital di sektor privat maupun publik.

Acara yang diadakan pada Selasa (22/1) di Hotel Mulia Senayan diselenggarakan langsung oleh GovInsider dan didukung oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Hadir sebagai pembicara Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro. Bambang ketika berbicara tentang masa depan pemerintahan, kita harus membayangkan masa depan ekonomi terlebih dahulu dan menyesuaikannya.

” Setelah krisis keuangan tahun 2008, booming komoditas batubara dan minyak kelapa sawit tetapi pertumbuhan 2000-2017 sebesar 5%.Jika kita tetap berpegang teguh pada ekonomi komoditas ini, bisa tergelincir ke 4,8-4,5 persen. Kita perlu beralih ke manufaktur bernilai tambah. Jika kita dapat tumbuh 6 persen dari sekarang hingga tahun 2040, kita akan menjadi negara maju / berpenghasilan tinggi,” ujar Bambang.

Terkait digitalisasi dan industri 4.0. Bambang mengatakan, Kementerian PPN/Bappenas bekerja dengan PulseLab untuk menggunakan data besar dengan memperhatikan FB, Twitter, Instagram dan ponsel serta data statistik.

“Revolusi industri 4.0 akan menjadi ekonomi “pemenang mengambil semuanya” memegang pangsa pasar yang besar sementara sisanya diberikan potongan,” kata Bambang

Diakhir sambutan, Bambang menyimpulkan indonesia membutuhkan kemampuan inovasi yang tinggi.(Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment