Gagal SBMPTN ? Ini 15 Universitas Swasta Terbaik Jakarta

Kamu gagal masuk kampus negeri? Jangan patah semangat masih banyak universitas swasta terbaik di Jakarta. Lembaga Layanan Dikti wilayah III merilis klasterisasi universitas swasta terbaik di Jakarta 2021. Berikut Daftar Selengkapnya

1.Universitas Bina Nusantara (Binus)

Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan terhadap lebih dari 31.000 perguruan tinggi  di 200 negara, Binus menempati  urutan 1902 dunia dan peringkat pertama perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

Pencapaian ini merupakan bukti bahwa Binus terus memberikan pendidikan yang berkualitas dengan tujuan mulia yaitu membina dan memberdayakan masyarakat untuk membangun Nusantara yang lebih baik. Berdasarkan capaian itu pula, maka tidak salah jika Universitas yang terletak di Palmerah, Jakarta Barat ini menjadi tempat favorit generasi millenials untuk melanjutkan sekolahnya usai SMA/SMK.

2.Universitas Katolik  Indonesia (Unika) Atmajaya

Unika Atma Jaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik se-Indonesia. Segudang prestasi telah diraih kampus ini, Quipperian. Antara lain adalah Perguruan tinggi swasta yang mendapat akreditasi A (saat ini hanya ada 50 PTN/PTS Indonesia yang mendapatkan akreditasi A), 50 promising Indonesian Universities oleh DIKTI, dan satu dari 17 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Peringkat Asia versi Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings 2018.

Pada tahun 2019, Unika Atma Jaya juga telah meraih bintang lima, kategori tertinggi pada bidang Social Responsibility dan Employability, Kemudian pada 2020 kembali meraih bintang lima untuk kategori Online Learning Pemeringkatan dilakukan oleh lembaga peringkat dunia berbasis di London, QS Stars. Kini, Unika Atma Jaya memiliki 3 lokasi yaitu Kampus 1 Semanggi, Kampus 2 Pluit dan Kampus 3 BSD.

Selain itu, Unika Atma Jaya kini telah menjalin kerjasama dengan sekitar 100 Perguruan Tinggi dari luar negeri. Beberapa fakultas dan program studi Unika Atma Jaya telah menerima program students exchange dan juga mengirimkan mahasiswanya ke Perguruan Tinggi luar negeri.

3.Universitas Tarumanegara (Untar)

Salah satu universitas swasta terbaik ini terbilang populer untuk mahasiswa, baik dari Jakarta maupun luar daerah dan salah satu universitas swasta tertua di daerah Jakarta. Dibangun pada tahun 1959, Universitas Tarumanegara (atau lebih sering disingkat Untar) sudah berhasil menerbitkan lulusan-lulusan ternama dan menjadi kampus swasta terpopuler hingga sekarang.

4.Universitas Pancasila (UP)

Tahun 2019, Universitas Pancasila menempati peringkat lima dalam daftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di DKI Jakarta menurut Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Menurut Rektor Universitas Pancasila (UP) Prof Wahono Sumaryono, Konsistensi UP dalam mengembangkan Perguruan Tinggi yang berdasarkan Iptek dan nilai-nilai Pancasila telah membawa UP mencapai berbagai prestasi

Wahono menambahkan, UP juga merupakan bagian dari 16 PTS terbaik di Indonesia tahun 2019 dan berada pada peringkat ke-32 dalam daftar kampus terhijau di Indonesia tahun 2018.

Selain itu, UP masuk dalam peringat 45 dalam daftar perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Indonesia tahun 2019.Prestasi inilah yang membuat siswa di Jabodetabek beramai-ramai mendaftarkan dirinya ke UP.

5.Universitas Trisakti

Universitas Trisakti merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Indonesia. Menduduki peringkat ke-23 sebagai Universitas terbaik di Indonesia, Universitas Trisakti atau yang lebih akrab disapa Usakti ini terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Kyai Tapa, Grogol, yang merupakan sebuah kawasan padat perkotaan di daerah Jakarta Barat.

Meski terletak di lingkungan yang padat penduduk, Trisakti merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang paling banyak diminati lantaran prestasi, gedungnya dan sejarah sebagai kampus reformasi.

6.Universitas Nasional

Berdasarkan data yang dikeluarkan Kemenristekdikti pada tahun 2019, Universitas Nasional (Unas) menempati peringkat 6 terbaik di Indonesia. Fakta itulah yang membuat kampus yang terletak di Pejaten, Pasar Minggu Jakarta Selatan banyak diminati oleh generasi millenials.

7.Universitas Mercu Buana (UMB)

Universitas Mercu Buana berhasil membuktikan diri menjadi salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia. Secara nasional, jika disejajarkan dengan universitas lain maka Universitas Mercu Buana menempati urutan ke-20, sementara secara global ada di peringkat 2.674.

Tak hanya itu Universitas yang terletak di Meruya Jakarta Barat juga memiliki segudang prestasi, seperti meraih medali emas pada Seoul International Invention Fair, dan menjadi delegasi Indonesia pada Lomba The Best Position Paper pada Asia Youth International di Thailand. 

Universitas Mercu Buana pada tahun 2016 juga telah dianugerahi predikat kampus unggulan nasional, serta pernah menjuarai lomba Paduan Suara Mahasiswa (PSM) di Jepang dalam ajang Tokyo International Choir Competition 2018.

Berkat prestasi inilah, UMB menjadi salah satu Perguruan Tinggi swasta yang paling diminati oleh generasi muda.

8.Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul juga menjadi salah satu universitas swasta di Jakarta yang tidak kalah bagusnya dengan universitas swasta di atas.

Baru – baru ini, tiga orang mahasiswa Universitas Esa Unggul membuat karya film yang meraih anugerah Angsa Emas UI Film Festival. 

Prestasi lainnya adalah terpilihnya dua mahasiswi Universitas Esa Unggul mewakili Indonesia dalam ajang Asian University Soft Tenis di Filipina pada 2019 yang lalu, serta menjadi wakil Indonesia di Worl Federation of The Deaf Paris Perancis pada tahun yang sama. 

Universitas yang menjadi peringkat terbaik ke-10 PTS se-Indonesia versi Webometrics pada tahun 2016 ini juga patut untuk kamu coba, sobat.

9.Institut Sain dan Teknologi Nasional

Sebagai kampus di bidang sains dan teknologi yang paling tertua, Institut Sain dan Teknologi Nasional menjadi salah satu kampus yang paling banyak peminatnya. Banyaknya lulusan yang menjadi ilmuwan dan tenaga ahli menjadi penyebab mereka memilih Institut Sain dan Teknologi Nasional sebagai tempat belajarnya.

10.Universitas Al Azhar Indonesia

Tak hanya di Mesir, di Indonesia pun Universitas Al Azhar yang baru berdiri di tahun 2000 banyak peminatnya. Kurikulum bagus dan juga sudah terakreditasi menjadi alasan generasi muda memilih kuliah di kampus yang terletak di Jalan Sisingamangaraja,Jakarta Selatan.

11.Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti didirikan untuk menjadi jembatan menuju profesionalisme di bidang pariwisata? STP Trisakti telah berkiprah di dunia pendidikan dan pariwisata selama lebih dari 44 tahun, loh. Kampus ini juga merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang menyelenggarakan program diploma IV setara sarjana dengan gelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par.).

12.Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta

Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara (STFD) adalah perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Jakarta, Indonesia. STFD dinamakan menurut nama tokoh yang mencita-citakan didirikannya sekolah tinggi filsafat di Jakarta, almarhum Prof. Dr. Nicolaus Driyarkara, S.J., guru besar filsafat di Universitas Indonesia dan IKIP Sanata Dharma (wafat awal 1967)

STFD sendiri menjadi salah satu kampus yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia, dikarenakan program ilmu filsafatnya menjadi akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional

13.Universitas Yarsi

Universitas Yarsi merupakan salah satu perguruan tinggi Islam yang berwibawa, bermutu tinggi dan mampu bersaing dalam forum nasional maupun internasional. Alasan itulah yang membuat Yarsi dinobatkan oleh Kemenristekdikti sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

14.Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik milik Persyarikatan Muhammadiyah yang berlokasi di Jakarta. Saat ini UHAMKA telah memiliki akreditasi A! Dimana pada saat ini, menurut data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) baru terdapat 96 Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki akreditasi A. Tidak hanya memiliki Akreditasi A, UHAMKA juga masuk ke dalam 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia berdasarkan klasterisasi yang dilakukan Kemenristekdikti tahun 2019.

Universitas ini berdiri pada tahun 1997 berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 138/DIKTI/KEp.1997, tanggal 30 Mei 1997. Namun, sebelumnya cikal bakal UHAMKA sudah ada sejak tahun 1958 yang mana pada saat itu lembaga yang didirikan bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG).

UHAMKA juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang ingin berkuliah di UHAMKA, mulai dari Beasiswa PMDK (penelusuran minat & kemampuan), Beasiswa Khusus, Beasiswa Bidik Kader Berprestasi (BKB), Beasiswa Prestasi, Beasiswa Kader Langsung Kerja (BKLK), KIP dan KJMU Plus. Tidak hanya beasiswa, UHAMKA juga menyediakan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi maupun institusi, baik di dalam maupun luar negeri. UHAMKA mengedepankan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan dalam menjalankan proses belajar mengajar yang kelak menjadi spirit dalam bermuamalah di kehidupan sehari-hari dan dengan itu juga diharapkan dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul secara spiritual dan intelektual.

15.Universitas Bakrie

Menempati urutan 50 besar Ranking Web of Universities di Indonesia dan urutan 20 besar untuk ranking Perguruan Tinggi  Swasta  (PTS) di Indonesia membuat universitas milik Keluarga Bakrie menjadi salah satu Perguruan Tinggi favorit di tahun 2021.(Hs)

 

 

Related posts