Ganjar Pantau Pemudik Yang Dateng Ke Jateng

Jakarta,Gpriority-Pasca merebaknya penyebaran virus corona, terdeteksi ribuan orang warga Jawa Tengah yang berada di perantauan mudik ke kampungnya masing-masing. Hal ini tentu menjadi sangat rawan akan semakin masifnya persebaran virus corona.

“Saya mencermati ada saudara-saudara kita yang mempercepat mudik ke Jawa Tengah. Kemarin saya tahu ada 80 bus yang membawa 1.776 penumpang dari Jakarta ke Jepara, juga terjadi peningkatan penumpang dari Jabodetabek yang turun di terminal-terminal di Jawa Tengah,” ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Rabu (25/3/2020).

“Atas dasar itu maka saya meminta kepada kepala daerah, teman-teman bupati, wali kota untuk mencermati situasi ini. Mohon lebih tegas dan ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Data setiap perantau yang pulang tolong, cek kesehatannya, pantau terus,” katanya.

Menurut Ganjar, protokol yang sama juga harus diterapkan di level desa, bahkan RT dan RW. Dengan demikian, jika ditemukan pasien yang positif baru bisa ditelusuri riwayat kontak dan pergerakan pasien tersebut. Dia juga memerintahkan para kepada daerah untuk lebih tegas kepada masyarakatnya agar tidak menciptakan kerumunan.

Dipersilahkan membatasi pergerakan bahkan menutup tempat-tempat yang berpotensi ada kerumunan, seperti alun-alun, objek wisata, pantai dan sebagainya. Berikan edukasi kepada warga untuk menunda setiap bentuk aktivitas massal seperti peribadatan dan resepsi pernikahan.(Hs)

Related posts