Gedung Monumen Pers Surakarta Saksi Sejarah Perjalanan Pers Indonesia

Setiap tanggal 9 Februari, insan pers di seluruh Indonesia memperingati hari pers Nasional.

Untuk itulah di dalam rubrik wisata kali ini, Gpriority mengajak Anda untuk menjelahi Gedung Monumen Pers yang terletak di Surakarta.

Kenapa Monumen pers? Karena gedung ini pernah menjadi saksi perjalanan pers Indonesia berjuang melawan penjajahan pada masa revolusi. Gedung ini juga menjadi tempat konferensi pertama seluruh wartawan di negeri yang baru merdeka dan menjadi saksi dari lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di tahun 1946.

Untuk masuk ke Monumen Pers yang terletak di Jalan Gajah Mada dan Yosodipuro, Solo, Anda tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Nah sebelum masuk ke dalam gedung, Anda akan menemukan papan baca surat kabar Solopos, Suara Merdeka, dan Republika yang bisa dibaca secara gratis.

Memasuki bagian dalam museum, pengunjung dapat menilik enam diorama yang menggambarkan perkembangan dunia jurnalistik di dunia, kemudian Indonesia. Diorama pertama adalah awal kemunculan pewartaan di zaman nabi. Diorama kedua dan ketiga, mengenai penyebaran informasi di zaman pendudukan Belanda dan Jepang. Selanjutnya detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, masa-masa demokrasi terpimpin dan liberal, orde baru yang bersambung pada kebebasan pers pasca reformasi.

Selain diorama,Anda juga bisa menyaksikan patung sepuluh tokoh pers nasional dan peralatan pemancar yang dipakai siaran pada tahun 1936.

Di Monumen Pers yang buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 Anda juga bisa menyaksikan kamera dan peralatan milik Udin, Wartawan Harian Bernas Yogyakarta yang dibunuh karena berita yang dibuatnya.

Anda juga bisa menyaksikan majalah dan koran yang terbit di masa penjajahan seperti Koran Tjahaya India yang terbit pada 1913, majalah Fikiran Ra’jat majalah dengan pimpinan redaksi Ir Soekarno, terbit pada 1932.

Puas berkeliling,Anda bisa membeli oleh-oleh yang letaknya tidak jauh dari Monumen Pers.(Hs.Foto.dok.Dinas Pariwisata Surakarta)

Related posts